Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luncurkan Jabar Quick Respons, Ridwan Kamil Ingin Negara Cepat Tanggap

Kompas.com - 18/09/2018, 12:40 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara resmi meluncurkan program pertamanya, Jabar Quick Response (JQR) di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (18/9/2018).

JQR merupakan sistem aspirasi keluhan atau aduan warga atas masalah kemanusiaan yang akan ditindaklanjuti secara langsung oleh tim.

"Kami ingin negara itu lebih dekat, cepat tanggap terhadap curhat warga," ujar Emil, sapaan akrabnya dalam pidatonya.

Emil menjelaskan, JQR dibuat atas dasar banyaknya keluhan masyarakat yang masuk melalui akun sosial medianya.

Lantaran jumlahnya banyak, ia pun memiliki ide dengan membuat kanal khusus untuk menampung keluhan masalah kemanusiaan masyarakat.

"Saya pantau sejak dilantik banyak warga se-Jabar yang minta pertolongan masalah kemanusiaan. Ada yang kurang biaya seokolah, ditolak rumah sakit, rumah rubuh, masalah lansia yang tak terurus oleh sistem. Nah saya coba bantu sebagai manusia. Tapi karena banyak, sistem pertolongan ini harus dibuat sistem. Karena tugas pemimpin melahirkan sistem agar peradaban kita naik kelas," tuturnya.

Baca juga: Atasi Keluhan Warga, Ridwan Kamil Akan Luncurkan Jabar Quick Respons

Emil pun mempersilakan warga untuk memanfaatkan program ini sebaik-baiknya. Caranya pun mudah, warga hanya cukup melapor ke saluran aduan yang sudah disediakan.

Bisa melalui sosial media dengan kata kunci 'Jabar Quick Response' atau melalui pesan singkat yang tertera di akun sosial media JQR.

"Ada nomor SMS bagi yang gaptek, yang sudah pakai smartphone bisa pakai Instagram, Twitter, Facebook. Ini adalah cara yang mudah-mudahan jadi keunggulan agar tak ada lagi jarak antar-warga dan pemerintah," jelasnya.

Baca juga: Ridwan Kamil: Setahun Kami Ubah Kalimalang, Bekasi Nanti Punya Objek Wisata

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com