Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketiga Bocah yang Disekap Bersama Binatang Sepakat Menyelamatkan Diri

Kompas.com - 17/09/2018, 19:00 WIB
Hendra Cipto,
Khairina

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Ketiga bocah yang disekap bersama puluhan binatang oleh ibu angkatnya sepakat berpisah untuk menyelamatkan diri dan meminta pertolongan dari warga.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar Andi Tenri Palallo kepada wartawan, Senin (17/9/2018).

Pengakuan itu diungkapkan kedua bocah yang telah berhasil diselamatkan dan diamankan di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Makassar.

“Dari penuturan US, kakaknya OW itu pergi karena mereka sepakat harus berhasil keluar dari rumah. Mereka sepakat tidak boleh pergi bertiga, karena kalau tertangkap lagi maka akan tertangkap bertiga. Harus ada yang selamat,” ungkap Tenri.

Sebelum keluar rumah, lanjut Tenri, bocah US masih sempat ambil satu pasang baju buat DV adiknya dan dia sendiri.

Dia juga mengambil uang celengan OW kakaknya sebesar Rp 32 ribu yang katanya akan diberikan ke OW kalau suatu hari kembali bertemu.

“Dengan pendekatan khusus, bocah perempuan US ini cerita kalau selama ini mereka dipaksa membersihkan kotoran hewan piaraan ibu angkatnya, Acci seperti anjing, ular dan kucing. Ketiga bocah ini juga disiksa, buktinya banyak luka disekujur tubuh US dan DV. Bahkan terlihat ada kulit masih memerah seperti bekas sundut rokok," tutur Tenri.

Baca juga: Ditemukan Banyak Luka di Tubuh Bocah yang Disekap Bersama Binatang
Tenri menambahkan, kasus ini akan diproses hukum. Pasalnya, kasus yang sama juga pernah terjadi pada tahun 2017 lalu.

Ibu angkatnya ini berjanji tidak mengulangi perbuatannya dan akan merawat ketiga anak tersebut dengan baik. 

Sebelumnya telah diberitakan, tiga orang bocah masing-masing berinisial OW (11), US (5) dan DV (2 tahun 6 bulan) disekap bersama puluhan binatang oleh ibu angkatnya Acci alias Memei alias Gensel (40) di sebuah rumah toko yang di Jl Mirah Seruni, Kecamatan Panakukang, Makassar.

Dua bocah US berjenis kelamin perempuan dan DV berjenis kelamin laki-laki ini telah diamankan warga dan diserahkan ke Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Makassar.

Sedangkan bocah laki-laki OW kabur dari lokasi penyekapan dan hingga kini masih dalam pencarian.
Baca juga: 3 Bocah Disekap Bersama Puluhan Binatang oleh Ibu Angkatnya

Kasus penyekapan ini terungkap, setelah ketiga bocah ini berhasil kabur keluar dari ruko. Bocah DV terlihat oleh warga berkeliaran di jalan dan bergegas diamankan oleh petugas keamanan yang bertugas di daerah tersebut, Minggu (16/9/2018) malam.

Bocah US juga ikut diamankan oleh warga dan diserahkan ke Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Makassar.


Pada Senin (17/9/2018) siang, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kemudian melaporkan kasus tersebut ke Polrestabes Makassar. Sementara ibu angkat ketiga bocah berhasil kabur dan masih dalam pencarian aparat kepolisian.

Kompas TV Satuan Reserse dan Kriminal Polres Mimika, Papua, menangkap 2 dari 3 perampok yang menyekap korbannya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com