Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Gempa Vulkanik Dalam, PVMBG Ingatkan Potensi Letusan Gunung Agung

Kompas.com - 15/09/2018, 12:50 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

DENPASAR, KOMPAS.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kembali mengingatkan potensi bahaya dari aktivitas vulkanik gunung Agung.

Ini menyusul terjadinya gempa vulkanik yang terekam seismograf beberapa hari terakhir. Kasubid Mitigasi Bencana Geologi PVMBG wilayah timur Devy Kamil Syahbana mengatakan, gempa vulkanik dalam menunjukan adanya pergerakan magma baru menuju permukaan.

"Ini adalah indikasi intrusi magma baru. Gempa-gempa vulkanik kemarin ini, kalau melihat pengalaman di Gunung Agung selama ini, mengindikasikan bahwa aktivitas Gunung Agung masih tidak stabil dan berpotensi untuk terjadi erupsi atau hembusan," Kata Devy, Sabtu (15/9/2018).

Berdasarkan pantauan petugas di pos pantau Gunung Agung di Desa Rendang, gempa vulkanik dalam mulai terdeteksi sejak Rabu (13/9/2018) lalu.

Dalam rentang 3 hari, gempa vulkanik dalam mencapai lebih dari 20 kali. Gempa pun diselingi beberapa kali gempa vulkanik dangkal yang mengindikasikan pergerakan magma mendekati permukaan.

Selain munculnya gempa vulkanik pola GPS juga menunjukan adanya inflasi.

Namun, jika dilihat dari magnitudo gempanya dan perubahan deflasinya, jika erupsi terjadi saat ini maka skala erupsinya masih belum tinggi. Meski demikian, PVMBG terus memantau 24 jam aktivitasnya untuk mengamati setiap perubahan.

"Karena aktivitas gunungapi bisa berubah dengan cepat. Kami berharap masyarakat dan pengunjung tetap sabar dan mematuhi rekomendasi kami," kata Devy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com