Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Kabupaten Bandung, Satu Pria Tewas Terbakar

Kompas.com - 13/09/2018, 19:42 WIB
Agie Permadi,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kebakaran terjadi pada sebuah rumah di Kampung Cibangkonel RT 04/RW 19 Kelurahan Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Seorang pemuda tewas terbakar dalam kejadian tersebut.

"Iya ada korban meninggal dalam kebakaran itu, namanya Cepi (22)," kata Danru II Pos Cicalengka, Dinas Kebakaran Kabupaten Bandung, Tatang Supriatna saat dihubungi Kompas.com, Kamis (13/9/2018).

Tatang menjelaskan, saat itu pihaknya menerima informasi kebakaran sekitar pukul 11.16 siang.

Butuh 30 menit perjalanan bagi tim Diskar Pos Cicalengka untuk tiba di lokasi kebakaran. "Di perjalanan kami terhambat macet di jalan tepatnya di Kahatex," kata Tatang.

Baca juga: Kebakaran di Gunung Sindoro dan Sumbing Akan Dipadamkan Pakai Bom Air

Akibatnya, saat tiba di lokasi, api sudah membesar dan membakar hampir sebagian rumah.

Tidak menungu lama, petugas langsung melakukan penyekatan di titik-titik api guna menghindari api merembet ke tempat lainnya.

"Kita langsung tangani dulu kebakarannya karena melihat api merembet ke sebelah," jelasnya.

Butuh tiga tangki lebih dan bantuan unit Pancar Kota Bandung untuk menjinakan kobaran api yang melahap rumah bertingkat itu.

Saat itu petugas belum medapatkan informasi adanya korban yang terjebak dalam kebakaran tersebut, lantaran tengah sibuk memadamkan api.

Namun usai kobaran api mulai padam, petugas yang mendapat informasi duka itu langsung mencari korban yang terjebak dalam kebakaran tersebut.

"Awalnya tidak ada info orang terjebak dalam kebakaran itu, begitu sudah tiga balikan baru kami dapatkan info ada orang terjebak di lantai dua," katanya.

Baca juga: Cerita Pendaki yang Gagal ke Puncak Gunung Sumbing Karena Kebakaran

Saat proses pendinginan dilakukan, petugas melakukan penyisiran korban di sekitar bangkai rumah tersebut, dan menemukan korban yang sudah dalam keadaan meninggal di lantai dua.

"Penemuan korban sekitar pukul 01.00 WIB. Korban terjebak di lantai dua, diduga korban tertidur, karena informasi dari warga korban ini pulang malam," jelasnya.

Petugas langsung berkoordinasi dengan polsek setempat, saat ini jenazah korban langsung di larikan ke RS Sartika Asih.

"Kondisi korban dari pinggang ke bawah habis, karena terlau lama terbakar tinggal tulang belulang, dari pusar ke atas agak utuh," ujarnya.

Penanganan akhir kebakaran, selesai sekitar pukul 14.52 WIB. Adapun bangunan yang terbakar merupakan rumah tinggal berupa villa.

Menurut warga hanya ada korban yang tinggal di rumah tersebut, sementara pemilik sedang tidak ada di rumah tersebut.

"Yang terbakar kurang lebih 20x10 meter persegi, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan," jelas Danton Pos Cicalengka, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung, Taudin Fuad.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com