Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Gelar Pawai Obor Sambut Tahun Baru Hijriyah

Kompas.com - 10/09/2018, 22:32 WIB
Rosyid A Azhar ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.comPawai obor menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H diikuti ribuan pelajar dan remaja di Kabupaten Gorontalo.

Dengan tertib mereka membawa obor keliling pusat kota Kecamatan Tibawa sambil bertakbir dan menyanyikan lagu-lagu rohani.

Dengan mengenakan baju koko putih, peserta pawai pria membawa obor berbahan bakar minyak tanah. Yang perempuan dipadu dengan jilbab.

“Kami menyambut tahun baru 1 Muharram 1440 Hijriyah dengan menggelar pawai obor,” kata Susanto, pelajar dari salah satu sekolah di Tibawa, Senin (10/9/2018).

Pawai dimulai seusai Shalat Isya, mereka berkumpul di lapangan membentuk  kelompok sesuai utusan, dari sekolah atau remaja masjid.

Baca juga: Sedekah Laut Sambut Tahun Baru Hijriah

Sepanjang jalan, arak-arakan kaum muda ini menarik perhatian warga. Mereka turun menonton di pinggir jalan atau di halaman rumah.

Sejak tadi pagi warga sudah menghias halaman rumah, daun muda kelapa (janur) dijejer melengkung di pinggir jalan. Kegembiraan dan kemeriahkan tampak hingga malam.

Sementara di Masjid Agung Baiturrahman Limboto, perayaan tahun baru dihadiri Bupati Nelson Pomalingo. Doa tahun baru dan ceramah mengisi kegiatan ini.

“Semoga tahun baru membawa keberkahan, berbuat lebih baik dan mampu meninggalkan yang jelek,” kata Andri Arnold, warga Kota Gorontalo yang turut menyambut tahun baru hijriyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com