Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora Imam Nahrawi Dapat Gelar "Kapita Ngofangare"

Kompas.com - 09/09/2018, 19:33 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

TERNATE,KOMPAS.com - Kesultanan Ternate, Provinsi Maluku Utara memberi gelar adat kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang berlangsung di Kedaton Kesultanan Ternate, Minggu (9/9/2018).

Menpora Imam Nahrawi diberi gelar sebagai Kapita Ngofangare, atau dalam bahasa Indonesia sebagai Panglima Anak Muda.

Pemberian gelar kepada Menpora ini dihadiri Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, unsur Forkompimda Maluku Utara, Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman, sejumlah perangkat adat Kesultanan Ternate, pejabat di lingkup Kemenpora, serta masyarakat Kota Ternate.

Firman Sjah mewakili keluarga Kesultanan Ternate mengatakan, pemberian gelar untuk Menpora Imam Nahrawi berdasarkan berbagai pertimbangan salah satunya, Imam Nahrawi dianggap cakap dan mampu mengangkat prestasi olahraga dalam gelaran Asian Games beberapa waktu lalu di Jakarta dan Palembang.

Baca juga: Menpora: Roy Suryo Belum Merespons Surat soal Barang Milik Negara

"Selain itu, gelar Panglima Anak Muda atau Kapita Ngofangare sudah sesuai dengan posisinya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga," kata Firman.

Firman yang juga salah satu anak kandung almarhum Sri Sultan Ternate, Mudaffar Syah itu mengaku, sempat berbincang dan menyampaikan harapan kepada Menpora agar pemberian gelar ini menjadi amanah bagi Menteri di manapun berada.

"Mudah-mudahan tali silaturrahmi ini tetap terjaga," lanjutnya.

"Harapan saya bapak Menteri dapat memegang amanah ini dan tetap menjaga tali silaturahmi dengan Kesultanan Ternate sekaligus membantu Kesultanan dalam menjaga dan melestarikan adat se atorang," tambah Firman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com