Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus Istirahatkan Dosen yang Diduga Minta Rp 2.000 dan Viral di Medsos

Kompas.com - 09/09/2018, 12:35 WIB
Amran Amir,
Khairina

Tim Redaksi

PALOPO, KOMPAS.com — Pihak kampus Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) mengistirahatkan oknum dosen di Fakultas Teknik Komputer (FTKOM).

Videonya viral di media sosial karena mempersoalkan uang Rp 2.000. Dalam video yang viral tersebut, sang dosen diduga meminta uang kepada mahasiswa.

Hasbi dari bagian Humas UNCP, saat dikonfirmasi, mengatakan, oknum dosen tersebut untuk sementara diistirahatkan.

Dosen yang bersangkutan diistirahatkan dulu sesuai kebijakan pihak Fakultas Teknik Komputer. Masa waktu istirahat akan ditentukan kemudian setelah komisi disiplin kampus UNCP mengeluarkan hasil,” kata Hasbi, Minggu (9/9/2018).

Dia menambahkan, Komisi Disiplin kampus UNCP masih melakukan tahapan penyelidikan terhadap oknum dosen dan mahasiswa terkait video yang beredar luas di media sosial tersebut.

“Sampai saat ini hasil dari komisi disiplin belum ada. Pemeriksaan masih berlanjut sampai hari Senin karena banyak tahapan yang diselidiki dan melakukan pemeriksaan terhadap mahasiswa yang mengikuti proses perkuliahan saat itu,” ujarnya.

Sebelumnya, video oknum dosen di Universitas Cokroaminoto (UNCP) Palopo beredar luas di sosial media Facebook dan Instagram. Oknum dosen itu mempersoalkan uang Rp 2.000 dan diduga memintanya kepada mahasiswa saat sedang mengajar dalam ruang kuliah.

Baca juga: Viral, Video Oknum Dosen di Palopo Diduga Minta Uang Rp2.000 kepada Mahasiswa

Dalam video tersebut, suasana perkuliahan tampak tegang. Oknum dosen sempat berdebat dengan mahasiswa.

Dosen itu menyuruh mahasiswa tersebut keluar dan memintanya belajar pada rektor dan seniornya.

“Sekarang, siapa yang mengajar, siapa yang punya aturan, kalau begitu kau pergi belajar sama rektor saja, keluar..., keluar kau pergi belajar saja sama seniormu,” kata oknum dosen tersebut dalam video.

Video yang berdurasi 1 menit 35 detik ini pertama kali diunggah oleh mahasiswa bernama Welly Paliling pada Jumat (7/9/2018) pukul 08.53 WITA melalui akun Facebook-nya.

Unggahan ini mendapatkan puluhan komentar, ratusan kali dibagi ulang, dan telah ditonton ribuan kali.

Baca juga: Viral Video Dosen di Palopo Minta Rp2.000, Ini 3 Faktanya

Rektor UNCP Prof Hanafie Mahtika mengatakan, oknum tersebut tengah diproses. Ia menegaskan, tak ada pungutan Rp 2.000 dari kampus terhadap mahasiswa.

“Saya sudah turunkan komisi disiplin untuk memanggil yang bersangkutan untuk diklarifikasi. Terkait uang Rp 2.000 itu tidak ada dalam aturan, dan saya baru dengar itu dosen minta uang,” ujar Hanafie.

Kompas TV Simak dialognya dalam Kompas Petang berikut ini.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com