Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Akan Rombak Halaman Gedung Sate untuk Masyarakat

Kompas.com - 07/09/2018, 22:41 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku telah mengobservasi kantor barunya, Gedung Sate. Pria yang akrab disapa Emil ini berencana merombak halaman Gedung Sate.

“Saya memang ada program penataan kawasan kantor,” kata Emil saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (7/9/2018).

Lebih lanjut Emil menambahkan, salah satu titik yang menjadi perhatiannya adalah bagian halaman Gedung Sate.

“Saya punya mata sebagai arsitek banyak ruang-ruang mubazir di sini,” jelasnya.

Emil menambahkan, dari pengelihatannya selama ini, halaman belakang Gedung Sate memiliki view yang bagus untuk dilihat. Untuk itu, dia berencana menata halaman belakang Gedung Sate menjadi ruang publik baru.

“Kita ingin Gedung Sate ramah kepada wisatawan. Saya akan menata ini dalam satu tahunan,” jelasnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Siap Tukarkan Uang Dollar Miliknya ke Rupiah

Salah satu konsep yang sudah dimilikinya untuk merombak halaman belakang Gedung Sate adalah taman dengan pelataran luas. Ke depan, lokasi tersebut sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan untuk menyambut tamu-tamu luar negeri.

“Halaman belakang dibikin pelataran. Karena dalam situasi tertentu, Bandung cuacanya bagus. Makan malam indoor saja kan bosan, jadi nanti bisa sambil outdoor,” tuturnya.

Dengan cara merombak halaman belakang Gedung Sate, lanjut Emil, diharapkan bisa mengubah persepsi masyarakat tentang Gedung Sate yang selama ini dianggap eksklusif.

“Lebih baik dimanfaatkan untuk masyarakat sehingga Gedung Sate jangan terlihat angker dan terkesan sangat formal kaya istana. Ini rumah rakyat, selama tidak masuk ke ruang-ruang privat masyarakat bisa berinteraksi,” pungkasnya.

Kompas TV Hari ini (6/9) menjadi hari pertama pasangan Ridwan Kamil dan UU Ruzhanul Ulum, bekerja sebagai gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com