Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Vespa Tank Buatan Pemuda Jebolan SMP Ini Bisa Berjalan Mundur

Kompas.com - 07/09/2018, 12:23 WIB
M Agus Fauzul Hakim,
Reni Susanti

Tim Redaksi

KEDIRI, KOMPAS.com - Yogi Hermawan memodifikasi Vespa hingga memiliki tampilan yang cukup ekstrem. Vespa tersebut kemudian dikenal dengan sebutan vespa tank.

Badan Vespa modifikasi ini cukup besar hingga perlu ditambahkan fitur seperti kemampuan untuk berjalan mundur.

Kemampuan berjalan mundur ini sangat penting mengingat badan vespa tank cukup besar dibanding Vespa pada umumnya.

Vespa tank hasil produksinya berukuran panjang 270 cm dan lebar 125 cm. Bahkan ada pula yang berukuran 4,5 meter dan lebar 125 cm.

Dengan besaran seperti ini, tentu membutuhkan kemampuan berjalan mundur.

Baca juga: Pemuda Jebolan SMP Ekspor Vespa Modifikasi Tank ke Eropa

Yogi mengungkapkan, kemampuan berjalan mundur itu murni hasil rekayasa mesin Vespa itu sendiri. Dia tidak menambahkan mesin tambahan lainnya. Kreativitas ini belum dikuasai banyak orang.

Caranya, sambung pemuda berusia 27 tahun ini, dengan mengubah transmisi mesin vespa. Terutama pada gigi transmisi 1 yang diubah sedemikian rupa hingga fungsinya berbalik. Dari awalnya berjalan maju menjadi mundur.

"Belum banyak (bengkel) yang bisa begitu," ujar Yogi, Jumat (7/9/2018).

Untuk performa mesin, dia tidak banyak melakukan perubahan. Hal itu dikarenakan mesin Vespa sudah cukup kuat meski membawa beban bodi yang besar.

Penyesuaian biasanya dilakukan pada kelengkapan rem dan gas. Ini pun hanya pada bagian string atau kawatnya, yaitu dengan menambah panjang kawat.

Baca juga: Skuter Listrik Vespa Mulai Menjajaki Pasar

Sebelumnya diberitakan, Yogi mulai memodifikasi badan vespa tank pada 2009 dan dianggap sebagai pionir modifikator Vespa Tank.

Seiring semakin terkenalnya jenis ini, setiap minggu, Yogi mampu memproduksi 2 unit vespa tank di bengkel sederhananya di Kelurahan Blabak, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur. Semua produksinya berdasar pesanan.

Selain pasar dalam negeri, vespa tank buatan pemuda yang hanya lulusan SMP ini sudah dikirim ke luar negeri, yaitu Spanyol.

Brand image yang dipakai untuk produksinya adalah Vespa Tank RSJ Kediri.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com