Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Polahi Kembali Jadi Daya Tarik Festival Danau Limboto

Kompas.com - 06/09/2018, 15:38 WIB
Rosyid A Azhar ,
Khairina

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com  – Komunitas Polahi akan menyemarakkan Pawai Budaya Festival Pesona Danau Limboto, di Kabupaten Gorontalo, Jumat (21/9/2018) mendatang.

Komunitas Polahi ini merupakan orang Gorontalo yang dikenal hidup dalam kelompok-kelompok kecil di belantara hutan Gorontalo. Mereka hidup dengan keterbatasan ruang sosial dan hanya mengandalkan hidup dari kemurahan alam.

“Orang Polahi memang selalu berpartisipasi dalam festival Pesona Danau Limboto, ini luar biasa," kata Haris Tome, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gorontalo, Selasa (4/9/2018).

Orang Polahi yang akan ikut pawai ini adalah kelompok yang sudah dimukimkan pemerintah Kabupaten Gorontalo di Kecamatan Asparaga. Namun, perkampungan mereka masih berbatasan langsung dengan hutan. Sehingga, selain berinteraksi dengan masyarakat desa setempat, akses dan mobilitas sehari-hari mereka masih ke hutan.

Baca juga: Orang Polahi Sedot Perhatian Di Festival Pesona Danau Limboto

Komunitas Polahi ini akan berarak meramaikan Festival Pesona Danau Limboto dengan kebudayaannya.

Tahun lalu, mereka mengenakan dedaunan di tubuh sebagai hiasan. Penampilan orang Polahi ini menyedot ribuan wisatawan yang datang di pinggir Danau Limboto ini.

Sementara itu, Camat Tolangohula, Karim Ismail saat sedang melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah Desa Tanggajaya untuk menyiapkan masyarakat yang tinggal di Dusun Pilomuluta yang merupakan Kawasan Adat Terpencil (KAT).

Kompas TV Sokola Rimba bukanlah sebuah sekolah formal dengan adanya bangunan berdinding dan beratap.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com