Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangga Syahputra, Bocah yang Berjuang Sembuh dari Kanker Limfoma...

Kompas.com - 06/09/2018, 06:15 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BENER MERIAH, KOMPAS.com - Rangga Syahputra, bocah 6 tahun asal Kampung Pante Raya, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, kedatangan tamu istimewa yakni Plh Bupati Bener Meriah Ismarisiska bersama rombongan pada Selasa (5/9/2019). 

Bocah tersebut mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah karena diketahui sedang berjuang melawan limfoma, yakni kanker yang muncul dalam sistem limfatik yang menghubungkan kelenjar limfe atau kelenjar getah bening di seluruh tubuh.

Sistem limfatik termasuk bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

Dalam kunjungannya Ismarisiska ingin mengetahui langsung kondisi anak dari Yustikawati tersebut. Menurut Yustikawati, putranya kini sedang menjalani pengobatan melalui kemoterapi di RSU setempat.

Baca juga: Cara Bedakan Benjolan di Leher karena Limfoma atau Infeksi

Menurut Yustikawati, usai menjalani kemoterapi perdana, Rangga menjadi lebih kurus dari kondisi sebelumnya. Kemoterapi itu direncanakan dilakukan selama tujuh kali demi kesembuhan putranya tersebut.

Ismarisiska sempat bercengkrama dengan Rangga. Ismarisiska meminta agar Dinas Kesehatan dan Camat Wih Pesam dapat secara berkelanjutan memastikan kondisi Rangga dan memfasilitasi kebutuhan pengobatan Rangga sesuai kewenangan yang dimiliki.

Ia juga berpesan kepada orang tua Rangga untuk memanfaatkan secara maksimal layanan Pengobatan yang diberikan oleh pemerintah, karena Rangga dianggap perlu mendapatkan pengobatan yang intensif.

Baca juga: Obat Kanker Limfoma Diproduksi di Dalam Negeri, Harga Lebih Terjangkau

Sementara itu Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Bener Meriah Sabaruddin yang turut serta bersama rombongan saat itu mengatakan, Rangga adalah penderita penyakit kelenjar limfoma yang telah sejak awal diketahui oleh para tenaga medis yang bertugas di Puskesmas Pante Raya.

Menurut Sabaruddin, semula beredar informasi bahwa bocah tersebut mengalami gizi buruk, dan setelah di kroscek, ternyata info itu keliru, karena pihaknya memastikan untuk saat ini tidak ada penderita gizi buruk di Kabupaten Bener Meriah.

"Sehingga kami ikut mendampingi Plh Bupati Bener Meriah untuk memastikan bahwa di kondisi Rangga Syahputra saat ini merupakan efek dari pengobatan yang dijalaninya," ujar Sabaruddin.

Baca juga: OPERASI TIDAK JAMIN KESEMBUHAN LIMFOMA (Kanker Kelenjar Getah Bening)

Sabaruddin yang turut serta membawa petugas medis ke lokasi menyebutkan, kondisi Rangga saat ini sangat dipengaruhi oleh kurangnya nafsu makan usai menjalani kemotrapi.

Sementara itu Camat Wih Pesam, Iwan Pasha mengungkapkan, Rangga dan kedua orangtuanya saat ini tercatat sebagai warga Kampung Bale Redelong, Kecamatan Bukit yang menetap di Kampung Pante Raya. 

Mereka menetap di Pante Raya untuk memudahkan pengobatan. Iwan mengatakan pihaknya telah menyarankan kepada keluarga Rangga untuk memindahkan data kependudukan mereka ke Kecamatan Wih Pesam agar mendapatkan kemudahan dalam pelayanan medis.

Kompas TV Jerry yang pernah aktif jadi atlet basket divonis kanker pada tahun 2013.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com