Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Terbaru Gempa Lombok, Curhat Korban hingga Beasiswa Pendidikan

Kompas.com - 05/09/2018, 10:34 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Proses rehabilitasi dan rekonstruksi korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), terus berjalan.

Bantuan bagi para korban pun terus mengalir. PT Pos Indonesia di Jakarta mencatat telah menerima lebih dari 3.000 ton kiriman untuk korban bencana gempa di Lombok. 

Selain itu, pemerintah juga menyediakan kurang lebih 5.000 beasiswa pendidikan bagi para korban gempa. 

Berikut sejumlah fakta terkait bencana gempa bumi di Lombok.

1. Pemerintah sediakan 5.000 beasiswa pendidikan

Menristek dalam sambutan acara Dies Natalis UT ke-34 di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Tangerang Selatan, Selasa (4/9/2018).Dok. Kemenristekdikti Menristek dalam sambutan acara Dies Natalis UT ke-34 di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Tangerang Selatan, Selasa (4/9/2018).

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyediakan 5.000 paket beasiswa pendidikan. Beasiswa tersebut terdiri dari 4.000 beasiswa untuk mahasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) dan 1.000 bidikmisi.

"Gempa di Lombok kami juga perhatikan. Di sana ditelisik yang kena dampak gempa sekitar 3.800 tapi kami sediakan beasiswa prestasi akademik 4.000 mahasiswa PPA dan 1.000 bidikmisi," kata Mohammad Nasir, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Karawang, Jawa Barat, Senin (3/9/2018).

Tujuannya, agar membantu mahasiswa dan pelajar yang menjadi korban bencana gempa bisa tetap melanjutkan pendidikan mereka.

Baca Juga: 5 Fakta Terbaru Gempa Lombok, Jokowi Goyang Dayung hingga Target Rekonstruksi

2. Presiden Joko Widodo kunjungi SMPN 6 Mataram

Presiden Joko Widodo berdialog dengan salah satu warga korban gempa di Lombok, NTB, Minggu (2/9/2018).KOMPAS.com/ Dok. Humas Pemprov NTB Presiden Joko Widodo berdialog dengan salah satu warga korban gempa di Lombok, NTB, Minggu (2/9/2018).

Pada hari Senin, (3/9/2018), Presiden Joko Widodo bersama rombongan tiba di SMPN 6.

Lalu Jokowi menyapa ribuan siswa yang tengah belajar di tenda darurat sembari membagi-bagikan buku tulis. Bangunan SMPN 6 di Mataram rusak parah setelah diguncang gempa.

Para murid tampak berdesak-desakan di tenda darurat yang ada di halaman sekolah untuk melakukan kegiatan belajar.

Tidak hanya membagikan buku tulis, Jokowi juga menghibur para siswa dengan bernyanyi bersama lagu Asian Games 2018 yang berjudul "Meraih Bintang".

Baca Juga: Di Lombok, Jokowi Bernyanyi dan Joget Dayung Bersama Para Siswa

3. Kendala PT Pos salurkan bantuan kemanusiaan

Salah satu dapur umum di Gunungsari, Lombok, yang membuat makanan untuk korban gempa di Lombok, Senin (20/8/2018). KOMPAS.com/JESSI CARINA Salah satu dapur umum di Gunungsari, Lombok, yang membuat makanan untuk korban gempa di Lombok, Senin (20/8/2018).

Hingga saat ini sudah ada 3.000 ton kiriman yang diterima oleh PT Pos Indonesia di Jakarta. Lonjakan kiriman barang tersebut terjadi setelah PT Pos meluncurkan program Pos Peduli Gempa Pulau Lombok.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com