Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Caleg DPR RI, Gubenur Kaltim Awang Faroek Mundur dari Jabatannya

Kompas.com - 04/09/2018, 21:30 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SAMARINDA, KOMPAS.com - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak mengundurkan diri dari jabatannya lantaran mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024.

Awang yang semula dikabarkan sakit menyatakan dirinya sehat dan lulus tes kesehatan oleh rumah sakit daerah setempat.

“Saya mundur dari jabatan saya sebagai gubernur. Surat pengunduran diri saya sudah saya serahkan ke Mendagri. Tinggal tunggu keputusan dan saya kemudian diganti,” katanya, Selasa (4/9/2018).

Rencana Awang untuk maju pada Pemilu 2019 bukan main-main. Dia bahkan telah mengembalikan seluruh aset daerah yang dia gunakan selama menjabat sebagai gubernur.

“Saya kembalikan mobil dinas, saya juga pindah ke rumah pribadi dan tidak di rumah dinas lagi. Surat sudah sampai dan saya tunggu keputusan,” sebutnya.

Baca juga: Gubernur Kaltim Tawarkan Teluk Balikpapan untuk Ibu Kota Baru

Dijelaskan Awang, di usianya yang tak lagi muda bukan berarti ia tidak bisa bergelut pada dunia politik. Selama 48 tahun terjun ke dunia politik, Awang merasa pantas kembali duduk di kursi anggota DPR RI.

“Sudah 48 tahun saya terjun ke politik. Bersama Jokowi, nantinya akan saya bangun Kalimantan dari kursi anggota DPR RI. Jadi mundurnya saya dari kursi gubernur bukan berarti saya berhenti mengurus Kaltim. Tapi saya akan tetap bersama Kaltim walaupun sudah duduk di Senayan nanti,” pungkasnya.

Baca juga: Calon Wakil Gubernur Kaltim Nusyirwan Ismail Meninggal Dunia

Kompas TV Gerakan pramuka di Kalimantan Timur yang mengibarkan bendera merah putih raksasa berukuran 1.000 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com