Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Ini Bangga Wajahnya Disebut Mirip Jokowi

Kompas.com - 03/09/2018, 19:38 WIB
Wijaya Kusuma,
Farid Assifa

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Foto seorang pria yang dianggap mirip Presiden Joko Widodo menjadi viral di media sosial.

Pria yang ada di foto tersebut ternyata adalah Dimas Pratama, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII).

Akun Instagram mahasiswajogja.id mengunggah foto seorang pria mengenakan jas berwarna biru. Pria tersebut mengenakan peci hitam.

Sambil tertawa, pria ini berfoto bersama tiga orang. Serentak unggahan foto tersebut mendapat like hingga ribuan karena tawa pria mengenakan peci dinilai mirip dengan Presiden Joko Widodo.

"Iya benar itu foto saya. Itu saat mengikuti kegiatan mahasiswa baru UII," ujar Dimas Pratama sambil tersenyum, saat ditemui Kompas.com di Fakultas Hukum UII Jalan Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Senin (3/8/2018).

Baca juga: Mirip Jokowi, Reza Jadi Rebutan Foto Bareng

Ditemui Kompas.com, Dimas Pratama tampak mengenakan jaket berwarna hijau tua. Di dada sebelah kanan, terdapat tag name Jokowi. Jaket tersebut adalah jaket angkatan saat Dimas Pratama belajar di SMA.

"Ini jaket dibuat atas kesepakatan teman-teman angkatan. Name tag ini karena saya dibilang mirip, terus sering dipanggil Jokowi oleh teman-teman," urainya

Dimas, panggilan Dimas Pratama, mengungkapkan, ia pertama kali dinilai mirip dengan Presiden Joko Widodo oleh teman-temanya di SMP. Menurut teman-temanya, mahasiswa kelahiran Batam 17 Januari 2000 ini mirip dengan Jokowi saat sedang tertawa.

"Katanya paling mirip waktu saya tersenyum atau tertawa. Awalnya di sekolah (SMP) ada kegiatan, lalu karena mirip, saya didandani menjadi Jokowi, waktu itu masih gubernur," bebernya.

Menurutnya, saat SMA, teman-temanya juga menyebut dirinya mirip dengan Presiden Joko Widodo. Bahkan Dimas dipanggil dengan nama Jokowi oleh teman-temannya saat SMA.

"Waktu masuk kuliah, saya kaget dibilang mirip dengan Jokowi, saya kira hanya teman-teman SMP dan SMA. Saya dijuluki Jokowi KW," tegasnya.

Baca juga: Ulang Tahun ke-61, Moeldoko Kaget Didatangi Jokowi KW

Ia merasa senang disebut mirip Presiden Joko Widodo. Meski Dimas tetap ingin menjadi dirinya sendiri, namun ia mengaku terinspirasi oleh sosok Presiden Joko Widodo.

"Ya, senang saja dibilang mirip dengan Jokowi, teman-teman juga jadi senang melihat saya. Saya terinspirasi kesederhanaan Pak Jokowi," pungkasnya.

Kompas TV Jusuf Kono harus menyediakan waktunya untuk berfoto secara bergantian dengan para peserta deklarasi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com