Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Kapal Terbakar di Dermaga Pelabuhan Rakyat Selayar

Kompas.com - 01/09/2018, 21:16 WIB
Hendra Cipto,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SELAYAR, KOMPAS.com – Sebuah kapal barang, Jabal Rahma 02 terbakar di dermaga Pelabuhan Rakyat Rauf Rahman, Benteng, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, Sabtu (1/9/2018) sekitar pukul 17.30 Wita. Dalam kejadian itu, seorang ABK menderita luka bakar di kedua kakinya.

Kepala Polres Selayar, AKBP Syamsu Ridwan yang dikonfirmasi mengatakan, kapal tersebut hendak berlayar dari dermaga Rauf Rahman, Benteng, menuju pelabuhan Bonerate, Kabupaten Selayar. Namun saat nakhoda kapal, Muhlis, menyalakan mesin, tiba-tiba percikan api keluar dari baterai (aki).

“Jadi saat mesin distater, muncul percikan api pada aki dan api langsung membesar serta menghanguskan seluruh kapal. Kapal tersebut memuat juga BBM berupa 5 drum solar, 6 drum bensin dan tabung LPG berukuran KG sebanyak 70 buah, serta barang kebutuhan pokok,” katanya.

“Api berhasil dipadamkan sekitar 1 jam 30 menit oleh petugas pemadam kebakaran dengan mengerahkan 2 unit armadanya,” tuturnya.

Baca juga: Kapal Muat BBM Terbakar di Selayar, Satu ABK Terluka

Kapal tersebut mengangkut seorang nakhoda Huhlis dan empat orang ABK, masing-masing bernama Maga (50), Marjudin (35), Jusri (18), Syamsuddin (45). Selain itu, kapal itu hendak mengangkut 7 orang penumpang.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, hanya seorang ABK Syamsuddin menderita luka bakar di kedua kakinya dan kini telah mendapat perawatan di RS KH Hayyung, Kabupaten Selayar. Kerugian materil ditaksir mencapai 600 juta rupiah,” tambahnya.

Kompas TV Sementara satu orang yang meninggal dunia,Jasa Raharja akan memberikan santunan sebesar Rp 50 juta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com