Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibunda Ungkap Sisi Religius Serda Rifki: Sering Jadi Penceramah Cilik

Kompas.com - 31/08/2018, 12:00 WIB
Achmad Faizal,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Prestasi olahraga yang dicatat Serda Rifki Ardiansyah Arrosyiid membuat keluarganya bangga. Di mata Dwi Harni, ibundanya, Serda Rifki adalah seorang putra yang religius.

Bahkan yang menyuruh dirinya untuk mengenakan hijab adalah Serda Rifki. "Saya ingat dulu dia pernah bilang, Mama kok enggak pakai hijab? Nanti kalau aku masuk surga, mama gak masuk lho ya," kata Dwi Harni mengingat perkataan putra pertamanya itu.

Karena permintaan Serda Rifki, sampai saat ini, Dwi Harni mengenakan hijab. Ibu dua anak itu juga terlihat berhijab saat ikut menyambut putra pertamanya di Markas Kodam V Brawijaya Surabaya, Kamis sore kemarin.

Baca juga: Kisah Arek Suroboyo Rifki Ardiansyah Sumbangkan Emas Asian Games dari Cabor Karate

Sosok religius Serda Rifki kata Dwi Harni, sudah terlihat sejak Serda Rifki masih duduk di bangku sekolah dasar. Berbekal ilmu pengetahuan agama yang dimiliki, Serda Rifki kerap ditunjuk sebagai penceramah cilik di sekolahnya saat acara-acara keagamaan.

Putranya tersebut juga memiliki kemampuan hafalan yang luar biasa. Bahkan mengalahkan siswa lain tingkat di atasnya. "Saat kelas 1 SD, dia pernah ditunjuk lomba menghafal ayat suci Alquran dengan bacaan yang bagus. Dia dipilih karena hafalannya mengalahkan kakak kelasnya yang kelas 6," ucapnya.

Satu hal yang membuat dirinya terharu adalah, Serda Rifki pernah berjanji untuk memberangkatkan kedua orang tuanya untuk berhaji kelak jika dia sudah sukses. "Iya nak Insyaallah kamu bisa," kata Dwi Harni sambil berkaca-kaca.

Baca juga: Serda Rifki, Peraih Emas Asian Games, Dapat Hadiah Rumah

Kemarin, dia Dwi Harni menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang berjasa atas prestasi putranya seperti jajaran Kodam V Brawijaya, para pelatih dan semua instansi yang mengapresiasi prestasi putranya.

Serda Rifki yang ditanggal di Jalan Simo Rukun Gang 5 Nomor 15A itu menempuh pendidikan sekolah dasar di SDN Kecamatan Sawahan I. Lalu melanjutkan ke SMPN 4 Surabaya dan SMAN 7 Surabaya. Dia lulus pendidikan Bintara pada 2016 lalu dan saat ini bertugas di Jasdam V Brawijaya.

Serda Rifki baru pertama kali berlaga di ajang Asian Games dan langsung mendapatkan emas di cabang Karate nomor pertandingan Kumite 60 kilogram.

Baca juga: Serda Rifki Ajak Prajurit TNI Catat Prestasi di Olahraga 

Dia mendapatkan emas setelah mengalahkan lawannya, Amir Mahdi Zadeh, karateka asal Iran, dengan skor akhir 9-7, pada Minggu (26/8/2018) di Plenary Hall Jakarta Convention Center.

Sebelum meraih emas di ajang Asian Games, Serda Rifki Ardiansyah pernah meraih medali perunggu di SEA Games 2017 dan Emas dari kelas Kumite 55 Kg dalam Kejurnas Karate Piala Panglima TNI tahun 2017 lalu. 

Baca juga: Kodam Brawijaya Siapkan Penyambutan Serda Rifki Peraih Medali Emas

Kompas TV Serda Rifki disambut langsung Pangdam V Brawijaya Mayjen Tni Arif Rahman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com