Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Adakan Lomba Foto Berpelukan ala Jokowi-Prabowo

Kompas.com - 31/08/2018, 11:05 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com — Aksi pesilat Hanifan Yudani Kusuma yang memeluk dua kontestan Pilpres 2019, Joko Widodo dan Prabowo Subianto, membawa potret kesejukan di tengah panasnya kondisi politik Indonesia.

Hal itu pun menginspirasi Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk membuat lomba bertema serupa kepada warganet. Lomba itu ia umumkan melalui akun instagram pribadinya @ridwankamil pada Kamis (30/8/2018).

"Alhamdulilah hal positif pelukan pak Jokowi dan pak Prabowo semalam, mulai menular positif ditiru warga dan anak-anak. Btw, SAYA mau bikin lomba foto pose ini untuk seluruh warga Indonesia dimanapun berada. Perempuan juga boleh ikutan dgn kostum masing2. Foto dengan konsep dan artistik Terbaik 1 hadiah 2 juta rupiah. Juara 2 hadiah 1 juta rupiah. Juara 3 sebesar 500 ribu rupiah untuk masing2 sebanyak 4 orang. Hadiah tambahan voucher 1 juta rupiah utk 4 orang dari @fatih_indonesia. Posting di akun masing2 dgn hestek #RukunIndonesiaku dan akun saya tolong di tag," tulis Emil, sapaan akrabnya.

Saat dikonfirmasi, Emil mengatakan, lomba itu dibuat agar gambaran kerukunan serupa dapat menular ke masyarakat.

"Poinnya, kerukunan ini harus jadi tema yang dijaga konsisten melawan postingan dan hashtag kebencian yang selalu hadir dalam keriuhan di media sosial. Di tambah orang yang berinisiatifnya orang Jabar. Butuh seorang dari Jabar untuk mendamaikan pemimpin Indonesia. Jadi saya terharu semua juga terharu, itu semua skenario Allah," tutur Emil.

Baca juga: Unggah Foto Jokowi-Mega dengan Logo PKI, Seorang Guru Jadi Tersangka

Ia mengatakan, hadiah yang diberikan merupakan uang pribadinya. Kreativitas jadi salah satu indikator penilaian.

"Sekarang saya bikin, saya posting lomba foto mirip begitu (berpelukan) ke anak-anak, remaja, bebas saya kasih hadiah Rp 2 juta pakai duit sendiri, juara dua Rp 1 juta, juara tiga masing-masing ada empat pemenang Rp 500.000. Waktunya enam hari saja, kan sekarang gampang foto pakai handphone yang kreatif diposting diakunnya dan tag ke saya, saya yang jadi juri. Yang terkonsep berseteru jadi damai oleh Merah Putih, kan keren," ujarnya. 

Kompas TV Pelukan atlet peraih medali emas Hanifan bersama 2 bakal capres yang akan bertarung dalam Pilpres 2019 menjadi pemandangan sejuk.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com