Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunakan Api Rokok, 2 Begal Berhasil Rampas Sepeda Motor dan Ponsel

Kompas.com - 27/08/2018, 06:56 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Begal menggunakan segala macam cara untuk menakuti korbannya, salah satunya dengan api rokok. Peristiwa tersebut terjadi di di kawasan SP Plaza Sagulung, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) Jumat (24/8/2018) malam kemarin. 

Dua residivis begal yakni F (43) dan DS (38) merampas motor dan ponsel korbannya, Novi (14) dengan cara menakuti korban dengan api rokok. 

Polisi yang mendapatkan laporan korban segera bertindak. Jajaran Satuan Reskrim Polsek Sagulung berhasil mengamankan kedua begal kambuhan tersebut sekitar pukul 1.10 WIB, Sabtu (25/8/2018) dini hari.

Keduanya diamankan di lokasi persembunyian mereka masing-masing. F diamankan di Fanindo, Batu Aji, sementara DS diamankan di Perum PGRI Batuaji.

Baca juga: Polisi Bekuk Komplotan Begal Bertato yang Tak Segan Bacok Korbannya

Kapolsek Sagulung AKP Yuda Surya yang ditemui di ruang kerjanya kepada Kompas.com mengaku kedua pelaku berhasil ditangkap berkat laporan dari korban.

"Kedua pelaku ini merupakan DPO (Daftar Pencarian Orang) Polsek Sagulung yang kerap melakukan begal di wilayah hukum Polsek Sagulung dan beberapa daerah di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri)," kata Yuda.

Yuda juga mengaku keduanya juga merupakan residivis dengan kasus yang sama, tidak saja di Polsek Sagulung di beberapa Polsek di wilayah hukum Polresta Barelang juga sedang memburu keduanya.

"Sudah kerap keluar masuk penjara, namun tidak kapok juga keduanya ini," jelas Yuda.

Dari keterangan korban, kejadian ini berawal saat korban hendak balik kekediamannya menggunakan sepeda motor setelah berbelanja di SP Plaza.

Baca juga: Mahasiswa di Padang Ciptakan Gelang Anti Begal

Kemudian korban menyimpan dua unit ponselnya di dasbor motor. Saat hendak melaju tiba-tiba saja datang dua orang yang tidak dikenal langsung mengambil dua unit ponsel tersebut.

"Korban sempat melawan, namun pelaku langsung menyulutkan api rokoknya ke tubuh korban berkali-kali hingga akhirnya korban mundur dan saat itulah keduanya langsung kabur," jelas Yuda.

Saat ini kedua pelaku masih menjalani pemeriksaan Unit Reskrim Polsek Sagulung, bahkan tidak saja dua unit ponsel milik korban atas Novi yang berhasil diamankan.

Dari kedua tangan pelaku, personil Polsek Sagulung juga berhasil mengamankan satu unit sepeda motor Verza nopol BP 2119 JM warna Silver.

"Kuat dugaan sepeda motor ini juga merupakan sepeda motor rampasan keduanya saat melakukan aksinya," terang Yuda.

"Bagi masyarakat yang merasa kehilangan sepeda motor Verza dengan nopol BP 2119 JM dan ciri-ciri seperti diatas, kami persilahkan untuk mengeceknya ke Polsek Sagulung dengan mambawa STNK dan BPKB," kata Yuda menambahkan.

Kompas TV Simak dialognya dalam Sapa Indonesia Pagi berikut ini
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com