Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Riau Bantah Tindakan Persekusi terhadap Neno Warisman

Kompas.com - 26/08/2018, 16:55 WIB
Idon Tanjung,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Riau membantah bahwa perlakuan massa yang menghadang Neno Warisman di gerbang Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru adalah tindakan persekusi.

"Tidak ada persekusi. Yang ada hanya kita mengamankan semua pihak dari potensi gangguan kamtibmas. Kemarin kita lihat ada lemparan. Jadi kita mengamankan semua pihak," jawab Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto saat konferensi pers, Minggu (26/8/2018).

Menurut dia, dua kubu massa yang pro dan kontra deklarasi #2019GantiPresiden harus dibatasi agar tidak terjadi keributan.

"Kira-kira kalau tidak dibatasi akan bisa terjadi kericuhan. Karena di lapangan ada massa pro dan kontra," ujar Narto.

Dia mengatakan, petugas keamanan gabungan mengamankan massa yang mencegat Neno Warisman. Hal itu mengingat lokasi pengadangan berada di kawasan otoritas bandara.

"Tugas kami adalah menjaga keselamatan semua pihak," sambungnya.

Baca juga: Polisi Masih Amankan Pengacara Neno Warisman untuk Dimintai Keterangan

Terkait dipulangkan Neno Warisman ke Jakarta, kata Narto, itu murni alasan keamanan. Sebab, sebelumnya sempat terjadi gejolak kubu massa pro dan kontra.

"Setelah kita melihat perkembangan situasi, Ibu Neno Warisman tidak bisa melanjutkan perjalanan," tambah Sunarto.

Terkait bentrokan dua kubu massa, dia mengatakan ada satu orang yang diamankan. Selain itu, ada dua orang mengalami cedera.

Untuk diketahui, kedatangan Neno Warisman dihadang sekelompok massa di gerbang Bandara SSK II Pekanbaru, Riau, Sabtu (25/8/2018).

Pengadangan itu terkait akan hadirnya Neno Warisman pada acara deklarasi #2019GantiPresiden di Pekanbaru hari ini, Minggu (26/8/2018).

Baca juga: Kapolresta Pekanbaru: Neno Warisman Dipulangkan karena Alasan Keamanan

Namun, Neno batal hadir pada kegiatan itu karena ia harus kembali ke Jakarta setelah dihadang massa penolak deklarasi #2019GantiPresiden.

Kompas TV Hingga menjelang malam, tak ada titik temu. Massa masih berkumpul di depan bandara.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com