Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Padamkan Karhutla, Petugas Damkar Temukan Ular Piton Sepanjang 3 Meter

Kompas.com - 22/08/2018, 21:06 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan,
Dian Maharani

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Petugas pemadam kebakaran menemukan ular piton sepanjang kurang lebih tiga meter saat berupaya memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di Kecamatan Sungai Raya Dalam, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu (22/8/2018) sore.

Ular tersebut ditemukan terjebak di lokasi lahan dan masih dalam keadaan hidup.

Salah satu petugas damkar swasta, Nikki mengatakan, awalnya petugas damkar swasta bersama anggota kepolisian dan relawan lingkungan hidup sedang berupaya memadamkan api yang berdekatan dengan pemukiman warga tersebut.

"Awalnya kami sedang bekerja menyemprot lahan yang terbakar tepar di komplek Mega Serdam. Di tengah-tengah penyemprotan, ada salah satu anggota polisi yang melihat ular piton di semak," ujar Nikki kepada Kompas.com, Rabu malam.

Baca juga: Sebabkan Kebakaran Lahan hingga 2 Hektar, Petani Ini Diciduk Polisi

Nikki menambahkan, secara spontan mereka yang tengah berjibaku dengan api pun kemudian bersama-sama mengamankan ular piton tersebut.

"Setelah mengamankan ular tersebut, kami kemudian lanjut bekerja kembali," kata Nikki.

Nikki mengatakan, saat ditemukan, ular tersebut tidak berada di sarangnya.

"Kemungkinan sarangnya sudah terbakar oleh kebakran lahan. Ular tersebut mencari tempat yang lebih aman," pungkasnya.

Hingga saat ini, upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat terus dilakukan.

Para petugas gabungan dari Pemadam Kebakaran Swasta, TNI, Polri, BPBD dan sejumlah relawan lainnya terus berjibaku dengan kobaran api yang sudah sejak sebulan terakhir menyebabkan kabut asap di Pontianak.

Berdasarkan pembaruan pemantauan titik panas (hotspot) dari satelit pengolahan data Lapan pada tanggal 22 Agustus 2018 mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB yang dirilis BMKG terpantau sebanyak 664 hotspot masih berada di wilayah Kalbar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com