Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai-ramai Warga Bersihkan Jeroan Hewan Kurban di Sungai Kulon Progo

Kompas.com - 22/08/2018, 20:45 WIB
Dani Julius Zebua,
Dian Maharani

Tim Redaksi

KULON PROGO, KOMPAS.com - Banyak kelompok warga mendadak muncul di aliran Sungai Serang yang masuk dalam wilayah Kota Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mereka rupanya sibuk mencuci jeroan atau isi dari perut hewan-hewan kurban.

Tidak hanya pria dewasa dan pemuda, tapi anak-anak usia pelajar tampak gembira melibatkan diri dalam kegiatan ini.

Aktivitas kelompok-kelompok warga itu terlihat dari Jembatan Putih, sebutan warga setempat, di Jalan Pahlawan, Dusun Wonosidi Kidul, Wates, Kulon Progo, sampai di kejauhan.

"Habis dari potong kurban, warga bawa jeroan ke sungai sini. Kebanyakan usus yang dibersihkan," kata Parno, 36 tahun, sambil menyaksikan teman-temannya dari tepi sungai, Rabu (22/8/2018).

Baca juga: Seorang Pria Tewas Tenggelam saat Cuci Jeroan Kambing Kurban di Sungai

Warga kemudian membawa jeroan hewan-hewan kurban itu ke tepi Sungai Serang tidak jauh dari tempat menyembelih. Mereka mencucinya di sana.

"Sudah biasa. Tahun yang lalu juga begitu. Setelah dicuci, dibagi," kata Parno.

Rupanya banyak kelompok warga lain di Sungai Serang sepanjang pagi hingga siang tadi. Mereka datang dari tempat-tempat penyembelihan hewan kurban.

Di situ, mereka berendam di air sungai setinggi sekitar 100 sentimeter sambil membersihkan jeroan..

Seorang warga asal Wonosidi bernama Wahyu CM mengatakan, jeroan yang ia bersihkan berasal dari hewan kurban yang disembelih di Masjid Masfa, tak jauh dari sungai.

Warga mencuci jeroan binatang kurban, sapi maupun kambing, di Sungai Serang, Kulon Progo. Tidak hanya anak muda dan orang tua, banyak sekali anak-anak terlibat membersihan jeroan di sungai ini.KOMPAS.com/ Dani J Warga mencuci jeroan binatang kurban, sapi maupun kambing, di Sungai Serang, Kulon Progo. Tidak hanya anak muda dan orang tua, banyak sekali anak-anak terlibat membersihan jeroan di sungai ini.

 

Sebanyak 8 sapi dan 4 kambing disembelih di sana. Wahyu dan kawan-kawannya membawa jeroan ke Sungai Serang di bawah Jembatan Putih. Mereka bertugas membersihkan jeroan itu di sungai.

"Tidak ada tempat (bersihkan jeroan di masjid). Setelah dari sini (sungai) nanti dibilas di masjid lalu dibagikan," kata Wahyu.

Beberapa anak tampak berada di pinggir sungai bertugas membalur jeroan yang sudah bersih dengan kapur sirih. Jeroan lantas dibilas lagi di sungai.

"Kapur ini untuk merontokkan kotoran, gajih, lemak. Kalau tidak dilabur dengan kapur ini tidak bersih," kata Rivan, warga Wonosidi Kidul.

Kegembiraan warga terlihat sepanjang hari mereka membersihkan jeroan di sungai.

Dimasak lebih lama

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com