Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Menjabat, Dandim Mimika Menyatakan Siap Dikritik

Kompas.com - 21/08/2018, 05:32 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TIMIKA, KOMPAS.com - Komandan Kodim 1710 Mimika, Papua, Letkol Infantri Pio L Nainggolan mengatakan dirinya siap dikritik selama menjabat sebagai Dandim.

Kritikan yang dimaksud adalah bila ada hal-hal yang dilakukan dirinya, termasuk prajuritnya yang tidak sesuai dengan aturan.

Selain siap dikritik, pria yang baru dilantik pada Selasa (7/8/2018) lalu ini siap menerima saran dari insan pers. Hal ini bertujuan demi kemajuan institusi serta pembangunan dan kamtibmas di Mimika.

Sebab ia menyadari, peran pers sangat penting sebagai aktor pembangunan, menjalankan fungsi kontrol, termasuk membantu menjaga stabilitas keamanan.

"Saya akan membuka diri terhadap masukan, saran dan kritik terkait dengan kemajuan institusi serta pembangunan dan kamtibmas di Mimika," ujarnya saat menggelar coffee morning bersama insan pers di aula Koramil Kota Timika, Senin (20/8/2018).

Letkol Inf Pio L Nainggolan resmi menjabat Dandim Mimika menggantikan Letkol Inf Windarto pada 7 Agustus lalu.

Baca juga: Kesal Anggotanya Dibegal Pemabuk, Dandim Garut Fokus Berantas Miras

Upacara serah terima jabatan dipimpin Danrem 174/ATW Brigjen TNI Asep Setia Gunawan di Aula LB Moerdani di Kabupaten Merauke.

Sebelumnya, Nainggolan menjabat Pabandya Pam Siintel Kodam 17 Cenderawasih. Sementara Windarto kini bertugas di Pabandya-1/Mindik Spaban II Spersat Mabes AD di Jakarta.

Nainggolan sendiri merupakan pria kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara, 19 November 1978.

Ia mengawali karirnya di TNI AD dimulai dari SD dan SMP di Pematang Siantar. Kemudian melanjutkan ke jenjang SMA pada 1994 dan lulus tahun 1997 di Magelang, Jawa Tengah.

Selanjutnya pendidikan Akademi Militer tahun 1997 dan lulus tahun 2000.

Setelah lulus dari Akmil, Nainggolan bertugas di Kodam V Brawijaya, Jawa Timur, tepatnya di Malang.

Baca juga: Kasus Dandim Tampar Kepala Desa, Ini Kata Bupati Rembang

Selama 11 tahun bertugas di Malang, ia kemudian mengikuti pendidikan peralihan kejuruan selama lima tahun dan pendidikan Seskoad di Bandung, Jawa Barat.

Setelah pendidikan di Seskoad, ia ditempatkan di Kodam 17 Cenderawasih, Papua.

Kompas TV Sejumlah pejabat tamu dari Belanda, Australia, Perancis dan Belgia ikut serta dalam lomba yang diselenggarakan Wali Kota Semarang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com