Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Berita Terpopuler Nusantara, dari Rentetan Gempa hingga Demokrat Papua Dukung Jokowi

Kompas.com - 21/08/2018, 05:24 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah gempa terjadi secara beruntun di Lombok Timur pada hari Minggu (19/8/2018), berita terkait penyebab gempa tersebut menjadi populer di Kompas.com.

Perkembangan kasus perkosaan di Kota Palopo yang menimpa seorang remaja usia 17 tahun juga ditunggu oleh para pembaca.

Berita dukungan ketua DPD Partai Demokrat di Papua terhadap Jokowi-Maruf cukup menyita perhatian pembaca.

Berikut lima berita terpopuler di Kompas.com hari kemarin.

1. Penyebab rentetan gempa di Lombok Timur

Pusat gempa Lombok 19 Agustus 2018 pukul 21.56 WIB Pusat gempa Lombok 19 Agustus 2018 pukul 21.56 WIB

Kepala Bidang Gempa Bumi dan Tusnami Badan Geologi Kementerian ESDM, Sri Hidayati mengatakan, gempa itu disebabkan sumber gempa bumi berasosiasi dengan zona penyesaran naik busur belakang (Flores back-arc Thrust) yang berarah relatif barat-timur.

Seluruh pusat gempa berada di darat dan sebagian besar daerah tersebut, menurut Sri, tersusun oleh batuan sedimen dan batuan metamorf berumur pratersier hingga tersier, batuan gunung api berumur tersier hingga kuarter, dan aluvium berumur resen.

"Daerah yang tersusun oleh batuan yang telah tersesarkan dan terlapukkan dan daerah aluvium sangat rentan terhadap goncangan gempa bumi karena bersifat urai, lepas, dan belum terkonsolidasi sehingga akan memperkuat efek getaran gempa," kata Sri.

Masyarakat pun diimbau tetap waspada, mengikuti arahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dan tak terpancing oleh isu tak bertanggung jawab.

Baca berita selengkapnya di sini

2. Bapak kos perkosa siswi SMA

Ilustrasi korban perkosaan.Shutterstock Ilustrasi korban perkosaan.

HR (17) adalah siswi salah satu SMA di Kota Palopo. Ia melaporkan sang pemilik kos, WN (45), ke pihak berwajib karena telah memperkosanya sebanyak dua kali.

Korban melaporkan sendiri kasus yang menimpanya ke Polsek Wara Utara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Minggu (19/8/2018).

Kapolsek Wara Utara Iptu Idris membenarkan adanya laporan kasus pemerkosaan terhadap HR yang terjadi di rumah kos milik WN di Jalan Meranti, Kelurahan Balandai, Kecamatan Wara Utara.

"Laporan pihak korban sudah kami terima Minggu sore tadi. Pelaku WN dijemput di rumahnya. Saat ini pelaku sudah ditahan dan kami masih mendalami,” kata Idris. Dia menjelaskan, korban diperkosa dua kali pada Jumat (10 /8/ 2018) dan Senin (13/ 8/2018) lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com