Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Ketua DPD Demokrat Papua Putuskan Dukung Jokowi-Ma'ruf

Kompas.com - 20/08/2018, 16:30 WIB
Caroline Damanik

Editor

Sumber Antara

JAYAPURA, KOMPAS.com - Berbeda dengan sikap DPP Demokrat yang mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Demokrat Papua memutuskan mendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Ketua DPD Partai Demokrat Papua, Lukas Enembe, telah menyatakan dukungannya terhadap Joko Widodo untuk kembali menjadi presiden periode 2019-2024. Lukas pun mengemukakan alasannya.

"Ini sesuai nurani karena Jokowi satu-satunya presiden yang sudah delapan kali berkunjung ke Papua," kata Lukas.

Baca juga: Satu Komando, Demokrat Papua Dukung Jokowi-Maruf di Pilpres 2019

Buntut dari sikap Enembe adalah seluruh pengurus dan kader DPD Partai Demokrat Papua menyatakan ikut mendukung Jokowi dan Ma'ruf.

Sekretaris Umum DPD Partai Demokrat Papua Carolus Bolly mengatakan, sikap seluruh kader dan pengurus partai tersebut akan sejalan dengan keputusan Ketua DPD Partai Demokrat Papua Lukas Enembe.

"Kader di Papua seluruhnya tetap satu komando di bawah tangan Ketua DPD. Jadi apapun yang menjadi instruksi Ketua DPD akan dilaksanakan seluruh perangkat pengurus DPD, DPC, maupun kader Demokrat di Papua," ujar Carolus di Jayapura, Rabu (15/8/2018).

Baca juga: Soekarwo No Comment soal Demokrat Dukung Prabowo-Sandiaga

Dia mengungkapkan, sejak Lukas mengeluarkan pernyataan mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin pada 13 Agustus 2018, sudah ada komunikasi antara pengurus DPD dengan Dewan pengurus Pusat (DPP) menyangkut hal tersebut.

Menurut dia, pengurus pusat tidak mempermasalahkan pernyataan Lukas Enembe dan akan membuat kebijakan resmi mengenai hal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com