Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sapinya Dibeli Jokowi, Kardiman Ronda Malam dan Batasi Orang Dekati Kandang

Kompas.com - 20/08/2018, 11:33 WIB
Junaedi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.comSapi kurban jenis simental berbobot satu ton lebih yang dibeli Presiden Jokowi untuk Idul Adha di Polwali Mandar dijaga ketat penjualnya, Kardiman.

Tak hanya menggelar ronda malam di kandang sapinya, Kardiman juga membatasi orang lain yang tidak berkepentingan untuk mendekati kandang sapi.

Agar bobot badannya tidak turun hingga hari lebaran, Kardiman menjaga pola makan sapi. Ia bahkan menjadwal makan yang dikontrol secara teratur.

“Senang dan bangga. Apalagi yang beli (sapi) presiden,” kata Kardiman saat diminta tanggapan soal sapinya dibeli Presiden Jokowi, Senin (20/8/2018).

Selain itu, sapi yang dijual Kardiman pun diperiksa kesehatannya oleh tim dokter kesehatan hewan dari Dinas Peternakan dan Pertanian (Distanak) Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Petugas ingin memastikan sapi kurban pemberian orang nomor satu di Indonesia itu memenuhi syarat kesehatan dan syarat-syariat untuk hewan kurban untuk Hari Raya Idul Kurban Rabu mendatang.

Baca juga: Sapi Kurban Milik Jokowi Seharga Rp 67 Juta di Polewali Dirawat Layaknya Bayi

Petugas kesehatan hewan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Polewali Mandar, drh Isnaniah, Senin (20/8/2018), memastikan sapi jenis simental yang dibeli dari peternak lokal Kardiman tersebut telah memenuhi syarat kesehatan bisa menjadi hewan kurban.

Isnaniah menyebutkan, dari segi usia tidak ada masalah karena sapi yang dibeli Jokowi dengan harga Rp 67 juta itu sudah menjelang tiga tahun.

Secara fisik juga tak ada masalah. Dari hasil pemeriksaan petugas, fisik sapi tersebut dinyatakan tak cacat seperti gigi copot, badan tidak simetris, kakai patah dan lainnya.

Usai melakukan pemeriksaan fisik, petugas Distanak juga memberikan setifikat berisi keterangan bahwa sapi tersebut layak untuk dikurbankan.

"Ini setelah diperiksa kami nyatakan layak untuk dikurbankan," ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Sumbang Sapi Kurban 800 Kilogram untuk Warga Ambon

Pada Idul Adha tahun lalu, presiden Jokowi juga menyumbangkan sapi kurban untuk warga Polewali Mandar yang bobotnya hampir sama, yakni satu ton lebih.

Kompas TV Selama ini sapi milik presiden dirawat pemiliknya untuk dikurbankan pada Idul Adha mendatang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com