Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Skimming" ATM di Karimun, 2 WN Malaysia Ditangkap

Kompas.com - 19/08/2018, 20:45 WIB
Hadi Maulana,
Dian Maharani

Tim Redaksi

KARIMUN, KOMPAS.com - Dua Warga Negara Asing (WNA) asal Malaysia Tan Yeh Yong dan Yeap Eng Wei, digelandang ke Polres Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (19/8/2018).

Keduanya diamankan karena terbukti melakukan perampokan uang mesin ATM milik Bank BNI Cabang Karimun dengan cara skimming.

Kasat Reskrim Polres Karimun AKP Lulik Febyantara kepada Kompas.com membenarkan pengungkapan kasus skimming mesin ATM yang melibatkan warga asing.

Lulik mengaku kedua warga Malaysia ini diamankan di Hotel Aston, Minggu (19/8/2018) dini hari tadi.

"Penangkapan ini terbukti setelah diketahui pelaku kembali melakukan aksinya di Karimum. Anggota juga mendapat informasi keberadaan pelaku," kata Lulik.

Baca juga: Skimming, Pembobolan Kartu Kredit, dan Rentannya Data Nasabah Bocor...

"Dan saat itulah anggota melakukan koordinasi dengan pihak BNI untuk mengetahui ATM mana saja yang diduga menjadi sasaran pelaku, dan akhirnya berhasil meringkus keduanya," kata Lulik menambahkan.

Usai mengamankan pelaku, anggota Satreskrim Polres Karimun langsung menggeledah dua kamar yang disewa kedua pelaku.

Dari penggeledahan ini, personel Satreskrim Polres Karimun berhasil menemukan sejumlah barang bukti hasil transaksi tarik tunai yang dilakukan keduanya secara bergantian.

"Barang bukti yang disita diantaranya blank card yang digunakan pelaku untuk meng-copy data sejumlah nasabah yang melakukan transaksi di ATM Bank BNI yang ada di Karimun," jelasnya.

Baca juga: Terungkapnya Tiga Kasus Skimming oleh WNA Berkat Sekuriti Bank

Keduanya juga mengaku baru pertama kali melakukan hal ini dengan cara skimming.

"Pengakuan mereka skimming ini sangat mudah dilakukan terhadap nasabah Bank BNI di Indonesia," kata Lulik menirukan pengakuan pelaku.

Namun demikian, Lulik mengaku masih terus mengembangkan kasus ini. Ia yakin pelaku merupakan jaringan internasional yang kerap menguras uang yang ada di mesin ATM dengan cara skimming.

"Itu hanya pengakuan pelaku, yang jelas kami terus memeriksa dan mengembangkan kasus ini," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com