Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Kurnia Jaya 1 Kandas di Perairan Moro, 66 Penumpang Selamat

Kompas.com - 19/08/2018, 16:08 WIB
Hadi Maulana,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

KARIMUN, KOMPAS.com - Kapal angkutan penumpang Karunia Jaya 1 kandas di perairan Moro, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (19/8/2018). Belum diketahui apa penyebab kapal yang mengangkut 66 penumpang rute Tanjungbatu - Batam itu kandas.

Dari informasi yang dikumpulkan Kompas.com dilapangan, saat ini proses evakuasi masih dilakukan oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kelas IA Tanjungpinang. Kepala Seksi Operasional Kantor BNPP Kelas IA Tanjungpinang Eko Suprianto mengatakan, pihaknya baru saja siap melakukan evakuasi 66 penumpang dari kapal Karunia Jaya 1.

"Ada 66 penumpang di dalam kapal Karunia Jaya 1, penumpang tersebut terdiri dari anak buah kapal (ABK) 5 orang, 1 kapten, serta 52 penumpang dewasa serta 8 penumpang anak-anak," jelas Eko.

Baca juga: Kapal Kandas di Pulau Pari, Terumbu Karang 1,000 Meter Persegi Rusak

Eko mengatakan, ada beberapa penumpang yang terlihat trauma dan ketakutan. Namun ia memastikan semua penumpang dalam keadaan selamat dan telah di evakuasi menggunakan speed boat Budi Jasa dan dibawa ke Pulau Moro.

"Semua penumpang dievakuasi dan dibawa ke Pelabuhan Moro, Karimun, Kepri," kata dia.

Para penumpang itu selanjutnya akan diangkut dari Pelabuhan Moro ke dengan kapal yang lebih besar ke Tanjungbalai Karimun, sesuai tujuan awal mereka.

"Sebagian penumpang menuju ke Batam yang difasilitasi oleh agen kapal tersebut," kata dia.

Kapal Karunia Jaya 1 sendiri, menurut Eko, langsung bertolak ke Tanjungpinang untuk melakukan perbaikan.

"Untuk kerusakannya tidak begitu parah, hanya saja pihak agen kapal memutuskan untuk memperbaiki kapal tersebut agar benar-benar baik dan aman untuk melakukan pelayaran kembali," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com