Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu dari Keluarga Awak KMP Bandeng yang Meninggal Akan Dipekerjakan di ASDP

Kompas.com - 19/08/2018, 10:32 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

TERNATE, KOMPAS.com - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) memberikan penghargaan kepada dua korban meninggal dunia atas tenggelamnya feri KMP Bandeng di perairan Loloda Kepulauan, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara pada Rabu 15 Agustus 2018 lalu.

Pihak PT ASDP mengucapkan turut berduka cita sedalam dalamnya kepada pihak keluarga atas dua awak mereka yang ditemukan meninggal dunia yakni Kapten KMP Bandeng Alfred Rahasia serta Mualim II Aspar.

Baca juga: KMP Bandeng Tenggelam, Kapten Ditemukan Tewas dengan Life Jacket

Sebagai bentuk simpati dan tanggungjawab, PT ASDP memberikan penghargaan kepada keluarga korban dari KMP Bandeng yang meninggal dunia, mulai dari biaya yang ditimbulkan selama kecelakaan dalam rangka meringankan beban mereka, hingga kenaikan pangkat bagi korban ABK yang meninggal maupun selamat.

“Kami akan memberikan penghargaan khusus kepada keluarga korban untuk meringankan beban mereka, kemudian penghargaan berupa kenaikan golongan atau pangkat bagi semua awak yang meninggal dunia,” kata Dirut PT ASDP Ira Puspadewi dalam keterangan persnya, Sabtu (18/8/2018).

Baca juga: Satu ABK KMP Bandeng yang Tenggelam Masih Hilang, Helikopter Dikerahkan

Dirut PT. ASDP Ira Puspadewi saat memberikan keterangan persnya di kantor ASDP Ternate, Sabtu (19/8/2018)YAMIN ABD HASAN/KOMPAS.com Dirut PT. ASDP Ira Puspadewi saat memberikan keterangan persnya di kantor ASDP Ternate, Sabtu (19/8/2018)

Selain itu, ASDP akan memberikan bantuan pendidikan kepada putra putri para awak KMP Bandeng.

“Dan kami akan berkomitmen, sudah kami sampaikan kepada keluarga bahwa salah satu dari keluarga para awak KMP Bandeng yang meninggal dunia dapat langsung dipekerjakan di ASDP,” kata Ira.

Kepada awak KMP Bandeng yang selamat juga akan diberikan kenaikan pangkat atau golongan dari PT ASDP.

Baca juga: Seluruh Kendaraan di KMP Bandeng Dapat Asuransi Total Rp 4,1 Miliar

Sementara satu korban selamat dari penumpang bernama Nanda Aprilia yang baru ditemukan Sabtu (18/8/2018), pihak ASDP akan menanggung semua biaya perawatannya.

“Dari total 51 di kapal, 34 adalah penumpang dan semuanya selamat. ABK yang sekarang dalam proses pencarian adalah tinggal satu,” kata Ira.

“Untuk awak selamat kami apresiasi, kami bangga dengan awak kapal kami karena mereka adalah orang yang tinggal paling terakhir di kapal, ini artinya menjunjung tinggi sebagai awak karena penumpang didahulukan sehigga semuanya selamat,” kata Ira lagi. 

Kompas TV Tim gabungan mengevakuasi puluhan penumpang KMP Bandeng yang tenggelam di Kepulauan Halmahera Utara
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com