Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Pengibaran Merah Putih, dari di Dalam Air hingga Sempat Terbalik

Kompas.com - 17/08/2018, 19:16 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Ana Shofiana Syatiri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Usia kemerdekaan Indonesia sudah 73 tahun, tak lagi muda namun bukan berarti Indonesia bangsa yang renta.

Hal tersebut tampak saat melihat cara warga mengibarkan bendera yang ada di seluruh penjuru Indonesia. 

Ada yang mengibarkan di lereng bukit, di dalam air, bahkan ada yang membentangkan melintasi sungai selebar ratusan meter. Bahkan, ada juga yang terbalik saat mengibarkannya.

Berikut tujuh peristiwa terkait pengibaran bendera merah putih untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-73.

1. Sang Saka berkibar di Istana Negara

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) mengibarkan bendera Merah Putih dalam rangkaian Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8/2018). Peringatan HUT RI tahun ini mengangkat tema Kerja Kita Prestasi Bangsa, ditandai dengan upacara penaikan dan penurunan bendera merah putih serta penampilan sejumlah pertunjukan seni dan budaya dari penjuru Indonesia.ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) mengibarkan bendera Merah Putih dalam rangkaian Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8/2018). Peringatan HUT RI tahun ini mengangkat tema Kerja Kita Prestasi Bangsa, ditandai dengan upacara penaikan dan penurunan bendera merah putih serta penampilan sejumlah pertunjukan seni dan budaya dari penjuru Indonesia.

Tepat pukul 10:00 WIB, Presiden Joko Widodo bersama 6.250 tamu undangan secara khidmat mengikuti upacara bendera di hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-73 di Istana Negara.

Upacara kenegaraan tersebut diimulai dengan tembakan meriam dan di lanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi. Presiden dan para pejabat mengenakan baju adat adat sebagai simbol keragaman bangsa Indonesia.

Hari ini, 73 tahun yang lalu, Soekarno dan Mohammad Hatta mendeklarasikan kemerdekaan dan kebebasan Indonesia dari penjajahan.

Baca Juga: Bendera Merah Putih Berkibar di Dalam Air Umbul Ponggok Klaten

2. Bendera merah putih membentang sepanjang 520 meter di atas Sungai Mentaya

Pengibaran Bendera Merah Putih di sepanjang Sungai Mentaya, dibantu oleh sepuluh kapal tugboat, Senin (16/7/2018)Humas Polda Kalimantan Tengah Pengibaran Bendera Merah Putih di sepanjang Sungai Mentaya, dibantu oleh sepuluh kapal tugboat, Senin (16/7/2018)

Polres Kotawaringin Timur membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 520 meter di sungai Mentaya, di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Senin (16/07/2018).

Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Mohammad Rommel mengatakan, pengibaran bendera Merah Putih tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-72.

Bendera Merah Putih dibentangkan mulai dari Ikon Kota Sampit, Patung Ikan Jelawat, kemudian menyeberangi Sungai Mentaya, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Untuk membentangkan bendera tersebut, diperlukan 10 kapal penarik berupa tug boat.

Baca Juga: Polisi Merauke Bagi Bendera ke Rumah Warga yang Belum Kibarkan Merah Putih

3. Merah putih menyelimuti kantor polisi

Gedung Polres Kota Tangerang diselimuti bendera merah putih dan meraih penghargaan Pembentang Bendera Merah Putih Terbesar se-Indonesia dengan panjang 135 x 13 meter dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) pada Senin (14/8/2018).  Dok. Polresta Tangerang Gedung Polres Kota Tangerang diselimuti bendera merah putih dan meraih penghargaan Pembentang Bendera Merah Putih Terbesar se-Indonesia dengan panjang 135 x 13 meter dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) pada Senin (14/8/2018).

Setelah terpanjang di Kalimantan, merah putih sepanjang 135 meter menyelimuti gedung Polres Kota Tangerang di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com