Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Ilir Pertama Kali Gelar Upacara Bendera Sejak Merdeka

Kompas.com - 17/08/2018, 15:53 WIB
Hendrik Yanto Halawa,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

GUNUNGSITOLI, KOMPAS.com – Untuk kali pertama Warga Kelurahan Ilir, Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menggelar upacara bendera hari proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Kantor Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli, Jumat (17/8/2018).

Lurah Ilir Ardiansyah Tanjung yang memimpin upacara itu berharap upacara bendera setiap tahunnya dijadikan tradisi di Kelurahan Ilir.

Pelaksanaan upacara bendera ini merupakan usul warga dan panitia pelaksana hari proklamasi kemerdekaan RI, di mana dalam rapat terakhir warga setuju untuk digelar pertama kali sejak Indonesia merdeka.

"Ini kali pertama diadakan warga bersama seluruh staf kelurahan dan para pemuka agama, tetua adat, dan seluruh kepala lingkungan, semoga di tahun yang akan datang tetap dilaksanakan," ujar Lurah Ilir, Ardiyansyah Tanjung, di Kantor Lurah Ilir, Jumat (17/8/2018).

Baca juga: Bapak Ini Nyeker Hadiri Upacara Kemerdekaan di Istana

 

Upacara peringatan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia tersebut, dihadiri warga serta aparat desa di daerah tersebut. Lurah Ilir selaku inspektur upacara, mengaku terharu dengan antusiasme masyarakat yang mayoritas petani dalam peringatan Hari Proklamasi kali ini. 

Dia juga berharap, dengan dilaksanakannya upacara seperti ini, para warga terkhusus di Kelurahan Ilir mampu membangun jiwa patriotisme yang lebih tinggi dan menghargai jasa-jasa para pahlawan terdahulu kita.

Sementara saat menjadi inspektur upacara, Lurah Ilir menyatakan bahwa agar pelaksanaan ini selalu digelar, tidak hanya kali ini saja. 

Kompas TV Selain pidato mengenang para pahlawan, acara renungan suci dilanjutkan dengan penyalaan obor dan pembacaan doa.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com