Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Waspada, Gunung Merapi Ditutup untuk Pendakian HUT RI

Kompas.com - 13/08/2018, 19:36 WIB
Wijaya Kusuma,
Reni Susanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Hingga kini, status Gunung Merapi masih "Waspada" (level 2).

Karena radius 3 km dari puncak harus steril dari aktivitas, maka jalur pendakian Gunung Merapi pun ditutup untuk aktivitas pendakian.

Twitter @BPPTKG, mengunggah surat resmi dari Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). Dalam surat tersebut disebutkan mengenai penutupan jalur pendakian dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

Baca juga: Setelah Terlempar ke Luar, Jumaidi Cari Air Minum di Balik Reruntuhan Pesawat

Di surat pengumuman dengan nomor PG08/BTNGM/Ren/2018 yang ditandatangi oleh Kepala TNGM Ammy Nurwati tertulis:

Sehubungan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tanggal 17 Agustus 2018 dan memperhatikan surat Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Nomor : 271/45/BGV.KG/2018 tanggal 21 Mei 2018 dan Surat Nomor : 398. Peng/45/BGV.KG/2018 Tanggal 3 Agustus 2018 perihal Peningkatan Tingkat Aktivitas Gunung Merapi dari NORMAL ke WASPADA dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Berdasarkan data pemantuan instrumental dan visual yang dilakukan oleh BPPTKG per tanggal 21 Mei 2018 dan tanggal 3 Agustus 2018, status aktivitas Gunung Merapi saat ini dalam tingkat WASPADA.

2. Berdasarkan Surat Edaran Nomor : SE.250/BTNGM/TU/Ren/05/2018 tentang Penutupan Obyek Wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi bahwa Jalur pendakian via Selo maupun Sapuangging di tutup.

3. Pelanggaran atas ketentuan-ketentuan terkait pendakian Gunung Merapi akan diberikan sanksi.

Baca juga: Tinjau Korban Gempa Lombok, Jokowi Bertolak ke NTB

Kasi Gunung Merapi, BPPTKG Yogyakarta, Agus Budi Santoso menyampaikan, status Gunung Merapi belum berubah. Sampai saat ini, status Gunung Merapi masih Waspada (level 2).

"Status Gunung Merapi masih Waspada. Rekomendasi masih sama, radius 3 Km steril dari segala aktivitas, termasuk aktivitas pendakian," tegasnya. 

Kompas TV Berbicara Gunung Merapi, tentunya tak luput dari sosok Mbah Marijan, pria yang disebut-sebut sebagai juru kunci gunung tersebut.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com