Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Terbaru Kecelakaan Dimonim Air, 8 Jenazah Dikirim ke Jayapura hingga Jumaidi Terlempar

Kompas.com - 13/08/2018, 16:37 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Reni Susanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jumaidi adalah satu-satunya penumpang yang selamat saat pesawat Dimonim Air PK-HVQ, tipe PAC 750XL, menghantam Gunung Menuk di Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, Sabtu (11/8/2018).

Kecelakaan pesawat di Pegunungan Bintang, Papua, pada Sabtu (11/8/2018), merenggut 8 nyawa. Lokasi jatuhnya pesawat Dimonim di lereng Gunung Menuk menyulitkan para Tim Gabungan SAR.

Berikut fakta terbaru terakit kecelakaan pesawat Dimonim di Papua.

1. 8 jenazah diterbangkan ke Jayapura untuk dimakamkan

8 jenazah korban pesawat Dimonim Air saat berada di RSUD Oksibil KOMPAS.com/Humas Polda Papua 8 jenazah korban pesawat Dimonim Air saat berada di RSUD Oksibil

Sebanyak 8 jenazah korban kecelakaan Pesawat Dimonim Air PK-HVQ yang jatuh di Gunung Menuk, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, Sabtu (11/8/2018), diterbangkan ke Jayapura.

Semua jenazah korban diterbangkan menggunakan pesawat Dimonim Air PK-HVI dari Bandara Oksibil ke Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (13/8/2018) siang.

Setibanya di Jayapura, 8 jenazah dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua untuk diotopsi.

Saat ini semua jenazah telah berada di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua. Keberangkatan 8 jenazah sempat tertunda karena kondisi cuaca di Oksibil yang berkabut.

Baca Juga: Setelah Terlempar ke Luar, Jumaidi Cari Air Minum di Balik Reruntuhan Pesawat

2. Sebelum hilang kontak, pesawat Dimonim sempat hubungi tower bandara

Proses evakuasi korban pesawat jatuhKOMPAS.com/istimewa Proses evakuasi korban pesawat jatuh

Pesawat Dimonim Air PK-HVQ hilang kontak saat memasuki wilayah Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, Sabtu (11/8/2018).

Terbang dari Bandara Tanah merah, Kabupaten Boven Digoel, pukul 13:50 WIB, pesawat yang dipiloti Leslie oleh Sevuve dan FO Wayan Sugiarta seharusnya sudah tiba di Bandara Oksibil, pukul 14.30 WIT.

Namun, hingga waktu tersebut pesawat belum juga mendarat. Kapolres Pegunungan Bintang, AKBP Michael Mumbunan saat dikonfirmasi membenarkan adanya hilang kontak Pesawat Dimonim Air.

Menurut dia, pesawat tersebut sempat mengontak tower Bandara Oksibil pukul 14.17 WIT.

"Ya benar ada pesawat Dinomin dari Bandara Tanah Merah tujuan Oksibil hilang kontak," kata AKBP Michael saat dihubungi Kompas.com via selulernya.

Baca Juga: Kronologi Pesawat Dimonim yang Hilang Kontak di Papua

3. Jumaidi terlempar keluar saat pesawat menabrak gunung

Jumaidi, korban selamat yang dievakuasi dari lokasi jatuhnya pesawat Dimonim Air, di Gunung Menuk, Distrik Aerambakon, Papua, Minggu (12/8/2018) pagi sekitar pukul 08.45 WIT.KOMPAS.com/ISTIMEWA Jumaidi, korban selamat yang dievakuasi dari lokasi jatuhnya pesawat Dimonim Air, di Gunung Menuk, Distrik Aerambakon, Papua, Minggu (12/8/2018) pagi sekitar pukul 08.45 WIT.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com