Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Asian Games, Ridwan Kamil Pimpin Warga "Beberes Bandung"

Kompas.com - 12/08/2018, 14:18 WIB
Dendi Ramdhani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Ribuan warga Bandung tumpah ke jalan melakukan kerja bakti bertajuk 'Beberes Bandung' dalam rangka menyambut Asian Games 2018 dan HUT RI ke-73.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memimpin langsung acara tersebut. Ia pun terpantau turut mengepel trotoar Jalan Braga bersama warga.

Ridwan mengklaim, sebanyak 13.000 warga berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

"13.000 warga sudah register tidak hanya di pusat kota, tapi 30 kecamatan dipimpin camat masing-masing melakukan hal yang sama," ucap Emil, sapaan akrabnya, saat ditemui di Jalan Braga, Minggu (12/8/2018).

Baca juga: Pilpres 2019, Ridwan Kamil Pastikan Dukung Jokowi

Dari pantauan Kompas.com di Jalan Asia Afrika, ribuan warga kompak menyapu dan mengepel trotoar jalan. Tak hanya itu, warga juga turut membersihkan aliran sungai. 

Emil menyatakan, 'Beberes Bandung' merupakan agenda rutin Kota Bandung yang dilakukan untuk menyambut hari besar seperti HUT RI dan hari jadi Kota Bandung. 

"Jadi, 'Beberes Bandung' ini tradisi gotong royong se-Kota Bandung kerja bakti, dulu (momentum) Asia Afrika, sekarang kan mau Agustusan," tutur dia. 

"Sekarang kan ada Asian Games juga, bulan depan ada ulang tahun Bandung. Agar nanti pada saat Asian Games tamu-tamunya banyak, kotanya sudah siap dari sisi infrastruktur, keamanan, dan kenyamanan," tambah Emil.

Baca juga: Ridwan Kamil Komentari 98 Catatan dari DPRD Kota Bandung

Beberes Kota Bandung sudah dilakukan sejak Sabtu (11/8/2018) kemarin. Emil berharap, kegiatan ini terus menjadi tradisi warga mencintai Kota Bandung. 

"Mudah-mudahan, ini jadi tradisi warga Bandung mencintai kotanya dengan menjaga ikut minimal setahun sekali membereskan dan merapikan kotanya. Ini jadi agenda rutin, kalau sudah urusan kerelawanan, warga Bandung ini luar biasa," kata Emil. 

Kompas TVWali Kota Bandung Ridwan Kamil menyegel sebuah bangunan cagar budaya yang sengaja dibongkar oleh pemilik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com