Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-9 Asian Games, Hotel di Palembang Mulai Penuh Dibooking

Kompas.com - 10/08/2018, 11:00 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Memasuki H-9 menjelang pelaksanaan Asian Games, ratusan hotel di Palembang, Sumatera Selatan mulai penuh dibooking oleh negara luar yang akan mengikuti perhelatan pesta olahraga tersebut. 

Untuk mengantisipasi banyaknya tamu negara yang datang ke Palembang, pemerintah setempat pun kini telah menyiapkan 28 homestay yang akan dipergunakan.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel Iren Camelyn Sinaga mengatakan, satu homestay yang disiapkan tersebut diperkirakan dapat menampung sekitar puluhan pengunjung yang datang ke Palembang.  Dalam satu rumah yang disiapkan, berisi dua hingga tiga kamar.

"Dalam satu kamar bisa menampung sekitar dua sampai empat orang. Jadi satu rumah diperkirakan bisa menampung puluhan para wisatawan yang datang," kata Iren, di Palembang, Kamis (9/8/2018). 

Baca juga: Sambut Asian Games, Pemkot Bandung Gelar Beberesih Bandung 

Iren menjelaskan, 28 homestay tersebut berada di Palembang, serta perbatasan di Kabupaten Banyuasin. Beberapa homestay juga disiapkan di sekitar kawasan Jakabaring. 

"Sebenarnya yang terdata di kita ada 28 homestay. Namun, bisa saja nanti bertambah, jika ada warga yang menyewakan rumahnya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel, Herlan Aspiuddin menambahkan,  sejauh ini reservasi untuk hotel di Palembang sudah hampir penuh. Akan tetapi, ia tidak mengetahui secara persis berapa banyak yang sudah melakukan reservasi. 

"Jumlah kapasitas hotel di Palembang itu sekitar 10 ribuan kamar,” ungkap Herlan.

Kompas TV Nantinya, para siswa akan diberikan tugas rumah selama masa libur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com