Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Lombok, Masjid di Dusun Zohri Roboh, Diperkirakan Banyak Korban Tertimbun

Kompas.com - 08/08/2018, 08:40 WIB
Fitri Rachmawati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

LOMBOK UTARA, KOMPAS.com - Proses evakuasi jamaah shalat Isya yang tertimbun reruntuhan masjid di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), saat gempa mengguncang kawasan itu, Minggu (5/8/2018), masih berlanjut. 

Seperti diketahui, Dusun Karang Pangsor merupakan dusun kelahiran Juara Dunia Lari 100 Meter U-20, Lalu Muhammad Zohri.

Warga setempat berharap petugas SAR bisa segera mengangkat jenazah yang sudah terlihat dan terhimpit pilar masjid Jamiatul Jamiah pada Rabu (8/8/2018) pagi ini. 

“Kami berharap semua bisa dilakukan hari ini, kami harapkan ada alat berat tambahan, karena kami khawatir ada banyak korban,” kata Bagus Prayitno, salah satu keluarga korban reruntuhan masjid yang selamat dari maut.

Ketua tim pencarian SAR Mataram Ida Bagus Ngurah mengatakan timnya bersama TNI, Polri dan masyarakat akan melanjutkan proses evakuasi terhadap korban reruntuhan masjid pada Rabu ini. 

Dia juga berharap bantuan alat berat ditambah. Untuk itu, pihaknya sudah meminta pemerintah untuk turun tangan. 

"Saya takut ada banyak korban karena ketika itu ada lima syaf yang shalat Isya. 1 syaf berderet ada 30 jemaah. Bantulah kami dengan alat berat. Kasihan jika ada yang masih hidup di reruntuhan itu,” kata Syafruddin, warga lain yang selamat dari reruntuhan pada Kompas.com.

Baca juga: Gempa Lombok, Sejumlah Warga Terjebak Reruntuhan Masjid Saat Shalat Isya, 2 Tewas

Kasus masjid roboh saat gempa Lombok bukan hanya terjadi di Dusung Pangsor, tetapi juga terjadi di sejumlah desa lainnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah warga yang sedang melakukan shalat Isya tertimpa reruntuhan masjid di Desa Lading-lading, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, saat gempa mengguncang kawasan itu, Minggu (5/8/2018).

Pada Senin (6/8/2018), dua korban tewas sudah berhasil dikeluarkan. Diduga, masih banyak warga yang terjebak di dalam reruntuhan.

"Alat berat sudah didatangkan untuk mengevakuasi para korban jamaah shalat Isya yang tertimpa bangunan masjid roboh di Desa Lading-lading, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Senin.

Baca juga: Infografik: 8 Fakta Terbaru Gempa Lombok

Kompas TV Namun, karena panggilan tugas, ia tetap melayani jemaah haji Indonesia di tanah suci.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com