Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Terbakar di Taman Nasional Komodo, Angkut 15 Turis Asing dari 5 Negara

Kompas.com - 08/08/2018, 07:25 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Setelah 10 hektar lahan di Gili Lawa, wilayah Taman Nasional Komodo di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) terbakar, juga ada kasus kapal motor terbakar di wilayah tersebut.

Kapal motor yang terbakar di Perairan Pulau Padar, Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), memuat wisatawan asing dari lima negara.

Koordinator Pos SAR Manggarai Barat Edi Suryono mengatakan, wisatawan tersebut berasal dari Inggris, Amerika Serikat (AS), Perancis, Portugal, dan Belanda. 

"Mereka ada 15 orang dari berbagai negara," ungkap Edi kepada Kompas.com, Selasa (7/8/2018) malam.

Baca juga: Kapal Pengangkut Turis Asing Terbakar di Kawasan Taman Nasional Komodo

Edi merinci, wisatawan asing itu empat orang dari AS, tujuh berasal dari Inggris, dua dari Perancis. Kemudian dari Portugal dan Belanda masing-masing satu orang.

Sebelumnya diberitakan, sebuah kapal motor yang mengangkut 15 orang wisatawan asing dari berbagai negara, terbakar di Perairan Pulau Padar, Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (7/8/2018).

Koordinator Pos SAR Manggarai Barat Edi Suryono mengatakan, kapal yang terbakar tersebut bernama KM Molise (Alba Cruise).

"Kapal tersebut melayani pengunjung wisata dalam 1 hari (full day) dengan tujuan dari Labuan Bajo menuju ke tempat wisata yang berada di pulau pulau di wilayah Kecamatan Komodo,"ucap Edi kepada Kompas.com, Selasa (7/8/2018).

Baca juga: Hampir Tiap Tahun Wisatawan Asing Hilang di Perairan Gili Lawa

Seluruh penumpang dan ABK lanjut Edi, dalam kondisi selamat dan di selamatkan oleh kapal lainnya yang berada di dekat Pulau Padar.

Bangkai kapal itu kata Edi, masih ditarik dari Perairan Pulau Padar, menuju ke pulau terdekat.

"Untuk penyebab kebakaran dan kronologi lengkapnya, masih diselidiki," tutupnya.

Kompas TV Tim Puslabfor Polda Bali akan tiba di labuan bajo hari ini, Sabtu (4/8) dan Minggu besok akan melakukan olah TKP.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com