Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Arus Pendek Listrik, 4 Rumah Panggung di Bima Ludes Terbakar

Kompas.com - 03/08/2018, 08:26 WIB
Syarifudin,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BIMA, KOMPAS.com - Sebanyak empat rumah panggung milik warga Desa Ngali, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), ludes terbakar, Jumat (3/8/2018).

Diduga, kebakaran hebat yang menghanguskan sejumlah rumah warga ini disebabkan hubungan arus pendek listrik di sebuah bangunan.

Empat unit rumah panggung berukuran 12 tiang itu diketahui milik Baitin (42), H Anwar (70), Amirudin (50) dan Juremis (50).

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bima, Bambang Hermawan mengatakan, peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 03.00 Wita.

"Penyebab kebakaran berasal dari arus pendek listrik di salah satu rumah warga dan menjalar ke rumah warga lain," kata Bambang.

Ia mengatakan, api pertama kali diketahui oleh salah satu penghuni rumah titik sumber api. Ketika melihat api mulai membesar, pemilik rumah bersama masyarakat kemudian berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Baca juga: Petugas Ranger Padamkan Kebakaran Padang Rumput di Pulau Komodo

Akan tetapi usaha itu tak berhasil. Karena bangunan yang terbuat dari bahan yang mudah terbakar, api terus membesar dan merembet ke rumah warga lain.

Akibatnya, 4 unit rumah panggung berukuran 12 tiang beserta isinya ludes terbakar.

Untuk memadamkan api, dua unit mobil pemadam kebakaran milik BPBD dan Pemda Bima dikerahkan ke lokasi. Sekitar pukul 5.00 Wita, petugas Damkar akhirnya berhasil menjinakkan api.

"Empat rumah panggung yang ludes terbakar ini berada di RT 3 Desa Ngali. Untuk sementara para korban kebakaran mengungsi ke rumah keluarga terdekat," kata Bambang.

Baca juga: 10 Hektar Padang Rumput Pulau Komodo Terbakar, Ini Dampaknya

Menurut Baambang, tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut. Sementara kerugian material keseluruhannya belum bisa disimpulkan, karena petugas sedang melakukan pendataan.

"Kerugian belum diketahui, akan dilakukan kaji cepat oleh pemerintah desa dan BPBD Kabupaten Bima," pungkasnya.

Kompas TV Hingga kemarin, tercatat ada 168 hektar lahan yang terbakar di seluruh kabupaten di Jambi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com