Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas "Ranger" Padamkan Kebakaran Padang Rumput di Pulau Komodo

Kompas.com - 03/08/2018, 07:19 WIB
Markus Makur,
Farid Assifa

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Resor Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumowardono kepada Kompas.com, Kamis (2/8/2018), menjelaskan, petugas ranger dari Balai Taman Nasional Komodo Labuan Bajo memadamkan kebakaran 10 hektar padang rumput di kawasan Pulau Gililawa Darat di kawasan Taman Nasional Komodo, Kamis dini hari.

Kusumowardono menjelaskan, di lokasi kejadian tidak ada pos polisi. Petugas yang memadamkan kobaran api adalah ranger dan lokasinya jauh.

"Selain itu kawasan Taman Nasional Komodo juga tidak memiliki pos polisi," katanya, Kamis.

Terkait kasus kebakaran padang rumput ini, penyidik Reserse dan Kriminal Polres Manggarai Barat sudah mengambil keterangan pemandu wisata dan nakhoda serta anak buah kapal (ABK) Indonesia Raya di kantor Polres Mabar.

Baca juga: 10 Hektar Padang Rumput Pulau Komodo Terbakar, Ini Dampaknya

Sebagaimana dilaporkan dalam website Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, kasus kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Komodo sudah terjadi untuk kedua kalinya. Pada Juni 2018, kebakaran terjadi di Taman Nasional Komodo.

Kompas TV Hingga kemarin, tercatat ada 168 hektar lahan yang terbakar di seluruh kabupaten di Jambi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com