Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiba di Asrama, Calon Haji Batal Berangkat karena Hamil

Kompas.com - 02/08/2018, 11:51 WIB
Junaedi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com – Yustina Binti Lahang, seorang calon haji kloter 16 asal Desa Panyampa, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, batal berangkat ke Tanah Suci karena terbukti positif hamil.

Pihak Asrama Haji Sudiang Makassar terpaksa membatalkan keberangkatan Yustina setelah dia menjalani tes kesehatan terakhir di Asrama Haji Sudiang Makassar sebelum diterbangkan ke Tanah Suci Mekkah. Yustina dinyatakan terbukti positif hamil.

Yustina pun dipulangkan ke kampung halamannya di Desa Panyampa, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar.

Untuk melengkapi kekurangan kuota jemaah haji, panitia penyelenggara ibadah haji Polewali Mandar akan segera menggantikan Yustina dengan jemaah cadangan.

“Sesuai hasil tes kesehatan terakhir sesaat sebelum berangkat, yang bersangkutan dinyatakan hamil dua bulan, dan yang bersangkutan telah dikembalikan ke keluarganya di Polewali Mandar,” jelas Athar, Kasi Haji Kemenag Polewali Mandar.

Baca juga: Masyarakat Diimbau Tak Ikut Antar Calon Haji Sampai Asrama

Hingga kini, sudah ada lima orang calon haji asal Polewali Mandar yang dinyatakan batal berangkat ke Tanah Suci dengan berbagai masalah, di antaranya karena sakit, meninggal dunia hingga tidak bisa melunasi biaya ongkos haji.

Kompas TV Meski keuntungnnya hanya 30 sampai 70 ribu per hari, ia tetap rajin menabung agar bisa berangkat haji suatu saat nanti.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com