Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cucu Kedua Jokowi Lahir, Begini Gembiranya Pedagang Pasar di Solo...

Kompas.com - 01/08/2018, 18:01 WIB
Labib Zamani,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Kelahiran cucu kedua Presiden RI Joko Widodo dari pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution disambut sukacita para pedagang dan buruh gendong di Pasar Legi, Solo, Jawa Tengah, Rabu (1/8/2018).

Para pedagang dan buruh gendong secara spontan mengadakan syukuran mangayubagyo cucu kedua Presiden Jokowi dengan membagikan ratusan takir nasi gudangan. Acara itu dimulai sekitar pukul 13.30 WIB.

Acara syukuran kelahiran putri pertama Kahiyang dan Bobby itu diawali dengan prosesi doa bersama. Doa bersama dipimpin oleh takmir masjid Pasar Legi, Abdul Karim.

Kemudian dilanjutkan sambutan pengelola Pasar Legi, Marsono. Marsono mengatakan, ikut merasa bahagia atas kelahiran cucu kedua mantan Wali Kota Surakarta itu. Dia berharap, anak tersebut bisa menjadi anak yang salehah dan berbakti kepada kedua orangtua saat dewasa kelak.

Bobby Nasution dan Kahiyang AyuInstagram Kahiyang Ayu Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu
"Kami ikut senang Pak Jokowi diberi cucu lagi. Semoga kelak menjadi anak yang berbakti kepada kedua orangtua, agama, dan bangsa," ungkap Marsono.

Menu nasi gudangan ini dipilih berdasarkan tradisi orang Jawa setiap ada orang yang melahirkan selalu membagikan nasi gudangan. Nasi gudangan ini sengaja dipersiapkan para pedagang sejak pukul 10.00 WIB.

"Tadi dengar berita putri pertama Mbak Kahiyang dan Mas Bobby lahir. Kemudian para pedagang bersama-sama ingin mengadakan syukuran kecil-kecilan. Jadi, semuanya ini disiapkan secara spontan dari para pedagang," ungkap dia.

Ada sekitar 150 takir nasi gudangan dan buah pisang yang dibagikan kepada para pedagang, buruh gendong dan abang becak di Pasar Legi. Mereka ikut bahagia atas lahirnya cucu kedua Presiden Jokowi.

Seorang pedagang, Nuryanti (51), mengatakan, mendengar kabar kelahiran putri pertama Kahiyang dan Bobby dari siaran televisi. Kemudian dirinya bersama pedagang lain di Pasar Legi mengadakan syukuran kelahiran tersebut.

"Semoga kalau sudah besar nanti menjadi anak yang salehah, taat kepada orangtuanya dan berguna bagi nusa bangsa," ungkap warga Banyuanyar, Solo.

Pedagang lainnya, Bandiyah, mengaku mendengar kabar kelahiran cucu kedua Presiden Jokowi dari para pedagang pasar. Meskipun demikian, dirinya merasa ikut senang dan bahagia karena cucu kedua Presiden Jokowi perempuan.

"Iya, ikut senang dan bahagia. Cucu kedua Pak Jokowi ini perempuan. Jadi, semakin lengkap karena cucu pertamanya kan laki-laki," tuturnya.

Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, telah melahirkan putri pertamanya, Rabu (1/8/2018). Proses kelahiran melalui operasi caesar di Rumah Sakit YPK Mandiri, Menteng, Jakarta. Bayi lahir sehat dengan bobot 3,4 gram dan panjang 49 cm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com