Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagi Ini, 3 Pendaki Rinjani yang Masih Terjebak akan Dievakuasi Pakai Helikopter

Kompas.com - 31/07/2018, 07:03 WIB
Aprillia Ika

Editor

SEMBALUN, KOMPAS.com - Balai Taman Nasional Gunung Rinjani memastikan ada tiga pendaki Gunung Rinjani yang masih terjebak di sekitar Danau Segara Anak pascagempa pada Minggu (29/7/2018).

Ketiga pendaki rencananya akan dievakuasi dengan helikopter pada Selasa pagi ini.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Sudiyono di Resor Sembalun, Selasa (31/7/2018), seperti dikutip dari Antaranews.com.

"Untuk tiga tamu (pendaki) kami usahakan evakuasinya menggunakan helikopter. Mudah-mudahan kondisi cuacanya memungkinkan," kata Sudiyono.

Namun, kata dia, rencana evakuasi menggunakan helikopter itu masih akan kembali dibicarakan dengan para pihak penyelamat yang tergabung dalam tim, baik BNPB, TNI, Polri, maupun relawan dari para pecinta alam.

Baca juga: Pendaki Rinjani: Kondisi Drop Mas, di Pos 2 Ada yang Sesak Nafas...

"Setelah kami 'briefing' pagi ini, dengan mempertimbangkan kondisi cuaca, kalau memungkinkan jam 08.00 Wita atau jam 09.00 Wita helikopter akan turun," ujarnya.

Begitu juga dengan helikopter yang akan digunakan, Sudiyono menjelaskan bahwa dari tim itu telah tersedia tiga helikopter, terdiri atas dua milik BNPB dan satu lagi TNI.

"Nanti semuanya tergantung pimpinan, bagaimana dan yang mana paling baik, yang berani juga. Karena memang untuk evakuasi di gunung berbeda dengan tempat lainnya, harus mempertimbangkan arah angin dan banyak lagi," ucapnya.

Sudiyono memberikan klarifikasi ulang terkait dengan jumlah korban yang masih berada dalam kawasan itu.

Sebanyak tiga pendaki yang rencananya dijemput menggunakan helikopter tersebut, berada di sekitar Danau Segara Anak bersama seorang pramuantar dan pemandu.

Baca juga: Pendaki Gunung Rinjani Saat Terjadi Gempa Sebanyak 826 Orang

"Jadi mereka itu berjumlah lima orang, yang satu lagi jenazah, jadinya enam yang akan dievakuasi. Dua orang lainnya yang bersama tiga pendaki itu tenaga lokal, 'guide' dan porter, kemungkinan mereka akan dievakuasi melalui jalur darat," kata Sudiyono.

Pada pendaki itu terjebak di Gunung Rinjani akibat gempa bumi bermagnitudo 6,4 yang mengguncang Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, NTB, pada Minggu (29/7/2018) pagi.

Kompas TV Para pendaki yang terjebak berada di sekitar Danau Segara Anakan mereka terdiri dari 358 orang pendaki asal luar negeri
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com