Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Berita Terpopuler Nusantara: Warga 2 Desa Tak Boleh Jatuh Cinta hingga Ratusan Pendaki Terjebak

Kompas.com - 31/07/2018, 05:40 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SOLO.KOMPAS.com - Tradisi "Asrah Batin" yang melarang warga Desa Karanglangu menikah dengan warga dari Desa Ngombak di Grobogan menjadi berita populer pada minggu kemarin.

Tradisi dari mitologi Kedhana Kedhini tersebut masih tetap dilakukan oleh kedua warga desa tersebut hingga saat ini.

Ulasan tentang dampak gempa di Nusa Tenggara Barat serta ratusan pendaki terjebak di Gunung Rinjani juga menjadi salah satu berita terpopuler di Kompas.com.

Sementara itu, kehadiran Presiden Joko Widodo di NTB untuk menengok korban gempa juga menjadi sorotan para pembaca.

Berikut 5 berita terpopuler di Nusantara yang terjadi kemarin Senin (30/7/2018).

 

 

Ribuan warga Desa Karanglangu, Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah menyeberangi sungai tuntang setempat menuju Desa Ngombak, Kecamatan Kedungjati, Grobogan dalam tradisi Asrah Batin, Minggu (29/7/2018). Dalam kegiatan itu, perwakilan warga Desa Ngombak membantu dan menyambut kedatangan warga Desa Karanglangu.KOMPAS.com/PUTHUT DWI PUTRANTO Ribuan warga Desa Karanglangu, Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah menyeberangi sungai tuntang setempat menuju Desa Ngombak, Kecamatan Kedungjati, Grobogan dalam tradisi Asrah Batin, Minggu (29/7/2018). Dalam kegiatan itu, perwakilan warga Desa Ngombak membantu dan menyambut kedatangan warga Desa Karanglangu.

1. Kisah Dua Desa yang Warganya Tak Boleh Saling Mencintai...

Tradisi "Asrah Batin" di Grobogan, Jawa Tengah, pada Minggu (29/7/2018) merupakan gambaran kisah cinta Kedhono Kedhini. Dalam mitologi Jawa, Kedhono dan Kedhini merupakan kakak beradik yang sejak kecil telah hidup terpisah.  

Setelah bertahun-tahun merantau, Kedhono alias Raden Sutejo dan Roro Musiah alias Kedhini, memilih mendirikan sebuah desa.

Kedhono mendirikan Karanglangu dan Kedhini mendirikan Desa Ngombak yang hanya terpisah oleh Sungai Tuntang.

Cinta antara Kedhono dan Kedhini kandas setelah tahu keduanya masih saudara sekandung. Mereka pasrah untuk merelakan perasaan cinta mereka dan menggantinya dengan sukacita bertemu saudara yang lama berpisah. 

Hingga saat ini, warga Karanglangu meyakini bahwa hukumnya terlarang untuk memiliki kekasih dari desa Ngombak, begitu juga sebaliknya.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

 

Tim medis Basarnas Mataram saat memberikan pertolongan pada korban pendaki Gunung Rinjani, Jumat (15/7/2016).HUMAS BASARNAS MATARAM Tim medis Basarnas Mataram saat memberikan pertolongan pada korban pendaki Gunung Rinjani, Jumat (15/7/2016).

2. Ratusan pendaki terjebak di Gunung Rinjani pasca Gempa NTB

333 pendaki Gunung Rinjani terjebak di puncak Gunung akibat longsoran pasca gempa bermagnitudo 6,4 yang mengguncang Pulau Lombok dan Sumbawa, Minggu (29/7/2018) pagi.

Longsor menghalangi jalan bagi para pendaki untuk turun gunung. Sejumlah cara dilakukan petugas untuk melakukan evakuasi ratusan pendaki tersebut. Pendakian pun untuk sementara ditutup oleh petugas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com