Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Waspada Gelombang Tinggi hingga 5 Meter di Perairan Selatan Bima

Kompas.com - 30/07/2018, 18:06 WIB
Syarifudin,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BIMA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bima memberikan peringatan dini gelombang tinggi di perairan NTB, termasuk wilayah Bima.

Potensi gelombang diperkirakan terjadi hingga 1 Agustus 2018 dengan ketinggian 2-5 meter di sekitar perairan selatan Bima.

Kepala BMKG Satria Topan Primadi mengimbau masyarakat untuk waspada. Terutama para nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari agar menunda aktivitas melaut.

"Saya mengimbau agar masyarakat memperhatikan tingginya gelombang laut yang terjadi sampai 1 Agustus 2018. Di perairan selatan Bima, tingginya gelombang berkisar 2-5 meter, perlu diwaspadai," kata Topan Primadi, Senin (30/7/2018).

Baca juga: BMKG Minta Masyarakat Tak Percaya Info Hoaks Gempa Lombok

Topan menjelaskan, gelombang tinggi ini disebabkan kecepatan angin di sekitar perairan selatan Bima yang berkisar 15-30 knot atau 30-60 km/jam.

"Kondisi tersebut berdampak pada peningkatan tinggi gelombang yang berkisar hingga 5 meter di perairan selatan Bima," pungkasnya.

Kompas TV Tercatat lebih dari 1.000 rumah rusak akibat terdampak gempa di sejumlah wilayah Lombok Nusa Tenggara Barat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com