Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah Polisi Korban Kecelakaan di Papua Diterbangkan ke Kampung Halaman

Kompas.com - 30/07/2018, 07:21 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TIMIKA, KOMPAS.com - Jenazah Bharada Raji Nasyah Sitompul, korban kecelakaan truk di tanjakan Yosoma, Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, diterbangkan ke kampung halamannya di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin (30/7/2018) pagi.

Jenazah sebelumnya disemayamkan di Mako Yonif B Brimob Polda Papua, Mimika, di Jalan Agimuga, Distrik Kuala Kencana.

Upacara pelepasan jenazah secara kedinasan di Mako Yonif B Brimob dipimpin Kasat Brimob Polda Papua Kombes Jeremias Rontini.

Sementara, Kapolda Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar memimpin pelepasan jenazah di Bandara Mozes Kilangin, Timika, dengan bertindak sebagai komandan upacara Danyon B Brimob Polda Papua, Kompol I Gede Putra.

Jenazah diterbangkan dari Timika menggunakan pesawat Garuda menuju Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura.

Dari Bandara Sentani, selanjutnya dengan menggunakan pesawat Lion Air, jenazah diterbangkan ke Jakarta untuk selanjutnya kembali diterbangkan ke kampung halamannya di Kabupaten Kampar, Riau.

"Almahrum Bharatu Anumerta Raji Nasyah Sitompul diterbangkan di Kampar, Riau untuk selanjutnya dimakamkan di tempat yang diinginkan keluarga," kata Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar kepada Kompas.com.

Baca juga: 8 Polisi Masih Dirawat Setelah Truk yang Ditumpangi Alami Kecelakaan di Papua

Almarhum Raji Nasyah Sitompul merupakan anggota Resimen 1 Pelopor Kelapa Dua Mabes Polri.

Raji tewas setelah truk yang ditumpanginya pada Minggu (29/7/2018) pagi mengalami kecelakaan di tanjakan Yasoma, Kenyam. Selain menewaskan Raji, 15 anggota Brimob lainnya terluka.

Pasukan Brimob ini awalnya akan meninggalkan Kenyam menuju dermaga batas batu untuk selanjutnya menggunakan kapal cepat menuju Timika, Kabupaten Mimika, setelah menjalankan tugas penindakan hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata.

Namun, sekitar pukul 05.30 WIT truk berwarna kuning dengan nomor Polisi W 9461 R yang dikemudikan Bharada Paulus mengalami kecelakaan.

Truk tersebut merupakan salah satu dari 6 kendaraan yang ditumpangi 89 anggota Resimen 1 Pelopor Brimob Kelapa Dua Mabes Polri pimpinan Iptu Pandu.

15 anggota Brimob yang terluka ini di antaranya Briptu Fajar Tribaskoro, Bharada Moh Sholikin, Bharada Milson Sunah, Bharada Zul Fitrawan, Bharatu Rendi Wijaya, Bharada Roberd, dan Bharada Ridik.

Selanjutnya, Bharada Syaiful Bachtiar, Bharada Ahmad Somarlin, Bharada Leskal, Bharada Andri Pasaribu, Bharada Marthen Tengkel, Bharatu Alex Romano, Bharada Raja Nasution dan Bharada Yusuf Adi.

Dari 15 korban ini, 8 korban mengalami luka berat. Sedangkan 7 lainnya mengalami luka ringan.

Baca juga: Truk Angkut Polisi di Papua Alami Kecelakaan, 1 Orang Tewas dan 15 Lainnya Terluka

Mereka yang mengalami luka ringan sudah diperbolehkan meninggalkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika. Kini mereka ditempatkan di Mako Yonif B Brimob Polda Papua.

Sedangkan korban luka berat masih dirawat di RSUD dan Rumah Sakit Mitra Masyarakat. Sebab, ada yang mengalami patah tulang baik di kaki maupun tangan.

Kompas TV 5 orang tewas saat sebuah mobil dari arah Jakarta, melaju kencang hingga menyeberang ke Jalur Berlawanan dan menabrak kendaraan lain.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com