Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlibat Korupsi Pengadaan Sapi, 3 Pejabat Lhokseumawe Ditahan

Kompas.com - 26/07/2018, 20:00 WIB
Masriadi ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Lhokseumawe resmi menahan tiga pejabat Pemda Lhokseumawe karena diduga melakukan korupsi pengadaan sapi.

Ketiga tersangka korupsi itu antara lain Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Pertanian Lhokseumawe, Rz, dan dua anak buahnya, DH (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan) dan IM (Pejabat Pembuat Komitmen).

Tersangka Rz dan DH ditahan di Lapas Kajhu Aceh Besar, sementara IM di Lapas Perempuan Lhok Nga, Aceh Besar.

Kepala Kejaksaan Negeri Lhokseumawe, M Ali Akbar, menyebutkan, penahanan dilakukan di Banda Aceh mengingat persidangan kasus tindak pidana korupsi digelar sana.

“Setelah diserahkan oleh penyidik polisi langsung kita tahan di Banda Aceh agar memudahkan proses persidangan,” sebut M Ali.

Dia menyebutkan, kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan sapi itu ditangani Polres Lhokseumawe dan sudah dinyatakan lengkap.

Baca juga: Kepala Dinas KPP Lhokseumawe Jadi Tersangka Korupsi Pengadaan Sapi

Anggaran untuk pengadaan sapi itu menggunakan dana APBK Lhokseumawe tahun 2014 sebesar Rp 14,5 miliar. Hasil audit BPKP Perwalikan Aceh, kerugian negara dalam kasus itu sebesar Rp 8,1 miliar lebih.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe, AKP Budi Nasuha Waruwu, mengatakan, polisi juga menyerahkan barang bukti dalam kasus itu bersama tiga tersangka.

Dengan begitu, sambung AKP Budi, penyidikan kasus itu telah selesai dan menunggu proses persidangan di Pengadilan Tipikor Banda Aceh.

“Kami sudah serahkan tiga tersangka dan berkas penyidikan sebanyak enam tong besar ke jaksa. Sekarang kita tunggu proses persidangannya,” pungkas AKP Budi.

Baca juga: Polisi Usut Dugaan Korupsi Pengadaan Sapi Rp 14,5 Miliar di Lhokseumawe

Kompas TV Komisi Pemberantasan Korupsi mulai melelang barang-barang sitaan dari para terpidana korupsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com