Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Obat Penambah Darah dari Dinkes, 58 Siswi MTS Masuk UGD

Kompas.com - 25/07/2018, 18:25 WIB
Defriatno Neke,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BUTON, KOMPAS.com – Sekitar 58 siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, dilarikan ke unit gawat darurat (UGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buton.

Para siswi ini diduga mengalami keracunan usai meminum obat penambah darah (FE) di sekolahnya yang diberikan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Buton.

“Ini karena minum obat yang dikasih dari dinas kesehatan, katanya program pemerintah, ternyata mau bunuh orang,” kata orangtua siswa, Hanisa kepada sejumlah media di RSUD Buton, Rabu (25/7/2018).

Hanisa harus merawat kedua anaknya dirawat inap di RSUD setelah pingsan dan mengeluhkan sakit perut, mual dan pusing.

Baca juga: Penjual Tutut yang Diduga Sebabkan Warga Tewas Keracunan Makanan Diburu

Ia menambahkan, banyak pelajar lainnya sudah pulang setelah mendapatkan perawatan di RSUD Buton namun masih merasakan pusing-pusing.

“Yang satu sudah dibawah pulang namun masih pusing juga, pihak ugd anak-anak biar masih pusing sudah dipaksa pulang, padahal anak-anak lagi pusing. Kita harapkan anak-anak dia sehat, karena kita punya anak pergi sekolah dia sehat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton, Sumardin, membantah bila puluhan siswi tersebut keracunan setelah mengonsumsi obat penambah darah atau FE.

“Ini bukan keracunan, tapi ini efek samping dari pada obat. Efek obat ini, yang konsumsi obat ini akan muncul kontraindikasi, efeknya mual dan muntah,” ucap Sumardin.

Baca juga: Belasan Warga Nagrak di Sukabumi Diduga Keracunan Makanan Hajatan

Ia menjelaskan, obat yang diminum para siswi tersebut merupakan obat penambah darah (FE) yang merupakan program nasional dari Kementrian Kesehatan yang diberikan secara khusus kepada siswa wanita umur 12 -18 tahun.

Sumardin menambahkan, obat tersebut sudah dibagikan ke sekolah-sekolah lainnya di Kabupaten Buton. Kedepannya ia akan melakukan evaluasi dengan seluruh puskesmas di Kabupaten Buton. 

Kompas TV !2 warga keracunan setelah mengonsumsi sop buah buatan sendiri.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com