Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Razia Lapas Pemuda Madiun, Petugas Temukan 14 Ponsel dan Senjata Tajam

Kompas.com - 24/07/2018, 21:34 WIB
Muhlis Al Alawi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MADIUN, KOMPAS.com - Sebanyak 14 telepon seluler dan satu senjata tajam diamankan tim petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pemuda Kelas IIA Madiun saat menggelar razia dan inspeksi mendadak (sidak) di lingkungan lapas, Senin (23/7/2018).

"Sidak dan razia dilakukan di dalam dan di luar blok. Hasilnya, petugas menemukan 14 ponsel, senjata tajam rakitan berbentuk pisau," kata Kepala Lapas Pemuda Kelas IIA Madiun, Yuli Hartono, saat dikonfirmasi, Selasa (24/7/2018) sore.

Hartono menuturkan, ponsel dan senjata tajam rakitan ditemukan di luar blok. Namun belum diketahui siapa pemiliknya.

Ia menduga, barang-barang terlarang itu sengaja disembunyikan di luar blok agar tidak ditemukan petugas.

Menurut Hartono, 14 ponsel tak bertuan itu langsung dimusnahkan pada malam hari itu usai razia digelar. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar.

Baca juga: Plh Kalapas Sukamiskin Benarkan Pembongkaran Saung di Lapas

Tak hanya ponsel rakitan dan senjata tajam rakitan, tim juga menemukan uang tunai yang jumlahnya mencapai Rp 3.175.000 dari 20 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP). Uang tersebut ditemukan di saku celana dan tumpukan baju para WBP di dalam sel.

Hartono menambahkan, razia dan sidak menjadi kegiatan rutin yang biasa digelar seminggu sekali. Namun, razia dan sidak kemarin untuk menindaklanjuti perintah dari kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Timur.

Baca juga: Saung Mewah di Lapas Sukamiskin Segera Ditertibkan

Kompas TV Menurut Yasonna Laoly kedua pejabat Kanwil Kemenkumham Jawa Barat itu tidak melakukan pengawasan secara benar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com