Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kardus Isi Jam Dinding Dikira Bom Tergeletak di Jalan, Warga Geger

Kompas.com - 19/07/2018, 12:44 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Sebuah kardus berisi jam dinding yang tergeletak di tengah jalan raya di Kampung Sanden, Kelurahan Kramat Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah, menghebohkan warga, Rabu (18/7/2018) malam. Awalnya, warga mengira kardus itu berisi bom.

Jalan raya sempat ditutup, arus lalu lintas dialihkan. Puluhan polisi berdatangan mengamankan lokasi. Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana Polda Jawa Tengah pun turun untuk memastikan isi kardus berwarna cokelat itu.

Kepala Polres Magelang Kota AKBP Kristanto Yoga Dharmawan menjelaskan, kejadian itu bermula sekitar pukul 21.00 WIB polisi menerima laporan dari seorang warga yang mengaku melihat kardus mencurigakan tergeletak di tengah jalan raya.

Orang tersebut sempat akan menendangnya namun curiga karena ada suara dari dalam kardus. Dia kemudian melapor ke kantor Polsek Magelang Utara.

Baca juga: Bercanda Bom di Dalam Pesawat, Pensiunan ASN Diamankan

"Dia melintas, ingin menendang kardus itu. Tapi karena ada jam dinding ukuran kecil, dia lantas melaporkannya ke polsek Magelang Utara, petugas segera ke lokasi untuk mengamankan," katanya

Pada pukul 23.45 WIB, lanjut Kristanto, Tim Jibom egana tiba di lokasi dan langsung melakukan penanganan sampai sekitar pukul 00.45, Kamis (19/7/2018).

"Kardusnya kosong dan hanya berisi plastik serta jam dinding," ungkapnya.

Meski demikian, pihaknya tetap akan melakukan penyelidikan antara lain dengan memeriksa sidik jari yang tertinggal di benda tersebut, meminta keterangan para saksi dan lainnya. Sebab kejadian ini telah membuat resah warga.

Kristanto mengimbau warga untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan menjaga lingkungan di sekitarnya.

Baca juga: Warga Temukan Bom Nanas Karatan di Depan Toko

"Ada hal baru, temuan baru, maka warga sendiri yang tahu. Harus cepat lapor dan sistem keamanan lingkungan harus ditingkatkan," katanya.

Esti, salah satu warga Sanden, mengatakan baru pertama kali ini ada kejadian penemuan benda yang diduga bom di kampungnya. Ia mengaku tidak tenang karena kampung yang selama ini damai, menjadi agak terganggu.

"Ya cukup terganggu dengan adanya kejadian ini. Tapi mudah-mudahan tidak terulang lagi dan bukan bom betulan," katanya. 

Kompas TV Ledakan bom terjadi di Bangil, Pasuruan, Jawa Timur.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com