Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Susi Dapat Ijazah SMA, Begini Ceritanya Saat Mengikuti Ujian

Kompas.com - 18/07/2018, 17:47 WIB
Irwan Nugraha,
Farid Assifa

Tim Redaksi

CIAMIS, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti akhirnya lulus sekolah paket C atau setara pendidikan SMA. Ia sudah menerima ijazah kesetaraan paket C pada Mei lalu.

Susi mendapat ijazah paket C setelah mengikuti ujian susulan pada tahun 2018. Ia tidak bisa mengikuti ujian tahun sebelumnya karena bentrok dengan kegiatan di kementerian.

Perempuan yang meraih gelar doktor honoris causa dari Universitas Dipenogoro (Undip) Semarang tahun 2016 silam itu awalnya terdaftar di salah satu kelompok belajar Paket C di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis.

Namun, saat akan mengikuti ujian sekitar tahun 2016, Susi tak bisa hadir meski namanya sudah tertera di daftar peserta ujian paket C. Baru tahun ini, Susi berhasil mengikuti Ujian Nasional Berstandar Komputerisasi (UNBK) di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

"Ibu Susi memperoleh nilai tertinggi dari keseluruhan peserta berjumlah 550 siswa paket C di Pangandaran. Nilainya 429,0 dan paling tinggi," jelas Ketua Pelaksana UNBK setara Paket C Yayasan Bina Padu Mandiri Pangandaran, Didi Ruswendi, Rabu (18/7/2018).

Dijelaskan Didi, Menteri Susi mengikuti ujian selama tiga hari pada tanggal 11 sampai dengan 13 Mei tahun 2018 lalu. Ujian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pangandaran.

"Saat ujian, Ibu menteri mengikuti tujuh mata pelajaran ujian selama tiga hari tersebut. Ibu Susi paling tinggi pada mata pelajaran PKN mendapatkan 82,0, sedangkan terendah justru pelajaran ekonomi mendapatkan nilai 42,4," tambah dia.

Baca juga: Anies Berharap Menteri Susi Jadi Teladan Buat yang Putus Sekolah agar Mengambil Paket C

Berbaur

Meski menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan di negara ini, Susi tetap bersikap biasa seperti peserta ujian lainnya. Ia selalu datang sebelum pelaksanaan ujian dimulai.

Dia hanya ditemani oleh salah seorang perempuan ajudannya saat akan masuk ruang kelas ujian.

"Ibu menteri saat itu sangat serius sekali dan semangat mengikuti ujian. Bahkan, selalu tepat waktu dan tidak manja mentang-mentang seorang menteri. Sebelum waktu ujian mulai, dia mengobrol dan bercengkrama dengan peserta ujian lainnya tanpa ada sekat beliau sebagai menteri di negara ini," katanya.

Saat ujian, Menteri Susi pun selalu menitipkan ponsel kepada ajudannya. Padahal, Didi mengaku kala itu ia tak berani melarang Menteri Susi untuk tak membawa ponsel saat ujian.

"Kami tak berani melarang padahal. Tapi beliau justru menitipkan Hp-nya ke ajudan setiap kali masuk ruang ujian. Pernah saat akan masuk ruang ujian, rambut beliau masih basah kuyup dan mengaku habis berenang di laut pagi hari sekali," tandasnya.

Baca juga: Cerita Anies yang Berusaha Bujuk Susi untuk Daftar Kejar Paket C

Menteri Susi baru mendapatkan ijazah kesetaraan SMA tahun ini karena dulu ia keluar saat duduk di kelas 2 SMA.

Akhirnya setelah mengikuti ujian paket C, Menteri Susi menjadi lulusan terbaik ujian kesetaraan SMA di Kabupaten Pangandaran.

Kompas TV Dari 569 siswa yang ikut ujian tersebut, Susi  pun berhasil meraih ranking pertama.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com