Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Dana, PKPI Hanya Daftarkan 4 Bacaleg di Magelang

Kompas.com - 18/07/2018, 16:26 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) hanya mendaftarkan 4 orang untuk menjadi bakal calon legislatif (bacaleg) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Ketua Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) PKPI Kabupaten Magelang Subagyo mengaku partainya tidak memiliki dana sama sekali untuk membiayai pencalonan pengurus atau kadernya.

"Kami terkendala biaya, sama sekali tidak ada dana dari atas. Kami kayak anak nggak punya bapak. Dari 35 DPK (di Jateng) saya kira juga sama, hanya beberapa saja yang daftar," katanya, Rabu (18/7/2018).

Pihaknya telah mendaftarkan bacalegnya di KPU Kabupaten Magelang pada hari terakhir, Rabu (17/7/2018), pukul 17.39 WIB. Empat bacaleg itu mewakili Daerah Pemilihan 1 (Borobudur, Mungkid, Mertoyudan) dan 3 (Kaliangkrik, Bandongan, Windusari)

Subagyo mengaku harus merogoh uang pribadi untuk membiayai pendaftaran bacalegnya, mulai dari mengurus e-KTP, SKCK, surat keterangan dokter, foto, dan kebutuhan administrasi lainnya.

"Kalau dihitung sekitar Rp 1 juta per orang, semua pakai uang pribadi. Sejak awal verifikasi partai sampai pemberkasan Silon di KPU juga tidak dibiayai partai," ucapnya.

Baca juga: KPU Bangka Belitung: Hanya PKPI Tidak Mendaftarkan Bacaleg

Dia menyoroti polemik kepengurusan partai besutan tokoh-tokoh terkenal seperti Try Sutrisno, Edi Sudradjat, Hayono Isman, itu, menjadi penyebab kepengurusan dan kader di daerah tidak diperhatikan.

"Kepengurusan PKPI dari pusat sampai daerah timbul tenggelam, kalau kader banyak, tapi tidak diperhatikan," ungkapnya.

Menurutnya, pendaftaran bacaleg PKPI ini tak ubahnya sebagai bentuk partisipasi untuk meramaikan pesta demokrasi di Indonesia umumnya, dan di Kabupaten Magelang khususnya.

"Untuk partisipasi saja, karena kalau melihat perjuangan PKPI, dari proses lolos verifikasi sampai silon sudah mengeluarkan uang banyak, kalau tidak ikut pemilu kan eman-eman (sayang)," tuturnya.

Sementara itu, hingga penutupan pendaftaran bacaleg pada Selasa (17/7/2017) malam, ada 15 dari 16 partai yang mendaftar di KPU Kabupaten Magelang. Satu partai yang tidak mendaftar adalah Partai Hanura.

Baca juga: Sempat Dikembalikan, Akhirnya Berkas Pendaftaran PKPI Diterima KPU Batam

Adapun 15 partai itu antara lain Partai Demokrat, PSI, Nasdem, PKPI, Golkar, PDI-P, PAN, PPP, PKB, PBB, Berkarya, PKS, Gerindra, Perindo dan Partai Garuda.

Kompas TV Putusan itu terkait dengan lolosnya PKPI sebagai peserta pemilu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com